Format Penulisan Surat Bahasa Inggris

A. Block Format (Bentuk Lurus) Format lurus sejauh ini merupakan format yang paling sederhana. Dalam format surat ini tidak terdapat lekukan, artinya, setiap bagian surat diketik atau ditulis mulai dari margin kiri dengan peletakan spasi-spasi antar bagian suratnya.

Format seperti ini memberikan kemudahan dalam mengetik dan penghematan vvaktu. Format ini sangat cocok untuk pekerjaan-pekerjaan dengan jumlah banyak. Urutan bagian-bagian surat dalam format lurus adalah date, inside address, salittation, body of letter, complimentary close, sigiuzture, dan additional information.

B. Modified Block Format (Bentuk taurus Termodifikasi) Seperti format lurus, format lurus termodifikasi memilikii kelebihan karena paragraf-paragrafnya terpisah yang memungkinkan setiap paragraf berdiri sendiri. Penjarakan antara komponen-komponen tetap sama seperti dalam format lurus.Date, complimentary close dan signature ditempatkan dalam satu garis lurus dekat bagian tengah surat. Complimentary close dan signature ditaruh dua spasi di. bawah paragraf terakhir. Format surat ini sekarang paling banyak dipakai. Untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik, perhatikan format tersebut berikut ini:

C. Modified Semiblock Format (Bentuk Setengah Lurus Termodifikasi) Pada prinsipnya format surat ini sama seperti format lurus termodifikasi kecuali bahwa permulaan paragraf-paragrafnya diketik lima spasi dar.i kiri. Semua penjarakan antar komponen-komponen surat tetap sama.
 
D. Simplified Format (Bentuk yang Disederhanakan) Cara pengetikan format ini pada dasarnya sama dengan bentuk format lurus (block format), artinya pengetikan semua bagian surat dimulai dari margin kiri. Namun pada format ini, salutation dan complimentary close dihilangkan. Penspasian antar komponen-komponen surat juga sama sebagaimana pada format lurus.

Format ini berm.anfaat ketika Anda tidak mengetahui  titel atau gelar dari orang yang Anda tuju, ataupun ketika Anda menulis surat kepada perusahaan, agen pemerin.tah, atau organisasi lainnya. Ciri khas lain dari format ini, yaitu adanya subject of letter (perihal surat), yang cara penulisannya sudah dijelaskan sebelumnya.
 
Format Penulisan Surat Bahasa Inggris

E. Hanging Indented Format (Bentuk Alinea Mengantung)Bentuk surat ini sebetulnya tidak praktis,oleh karena itu jarang dipakai dalam korespondesi umum.Keuntungan utamanya adalah bahwa dengan format ini pembaca akan lebih ditarik perhatianrtya ke isi surat.

Perspasian antara komponen surat sama sebagairrtana format-format lainnya. Sebagaimana yang akan Anda lihat pada contoh di bawah ini, setiap alinea pada format ini dimulai dari margin kiri, akan tetapi baris-baris berikutnya diketik masuk lima spasi dari margin kiri.




Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI