Keberhasilan Ketahanan pada Aspek Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan Keamanan harus dapat mewujudkan kesiap siagaan serta upaya bela negara, yang berisi ketangguhan, kemampuan dan kekuatan melalui penyelenggaraan Siskamnas (Sishankamrata) untuk menjamin kesinambungan Pembangunan Nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Bangsa Indonesia cinta damai, akari tetapi lebih cinta kemerdekaan dan kedaulatan. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan mengamankan kedaulatan negara merupakan suatu kehormatan demi martabat bangsa dan negara.

Karena itu, Pertahanan dan Keamanan harus diselenggarakan dengan mengandalkan kekuatan dan kemampuari sendiri. Pembangunan kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan dimanfaatkan untuk menjamin perdamaian dan stabilitas keamanan demi kesinambungan pembangunan nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Potensi nasional dan pembangunan yang telah dicapai harus dilindungi dari segala ancaman dan gangguan agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin segenap lapisan masyarakat Indonesia.

Perlengkapan dan peralatan untuk mendukung pembangunan kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan sedapat mungkin dihasilkan oleh industri dalam negeri. Pengadaan dari luar negeri dilakukan karena industri dalam negeri masih terbatas kemampuannya Karena itu, industri dalam negeri harus ditingkatkan kemampuinnya.

Pembangunan dan penggunaan kekuatan dan kemampuan pertahanan dan keamanan hanis diselenggarakan oleh manusia-manusia yang berbudi luhur, arif, bijaksana, menghormati Hak Asasi Manusia (HA.V.1), dan menghayati makna nilai dan hakikat perang dan damai.

Kelangsungan hidup dan perkembangan hidup bangsa memerlukan dukungan manusia-manusia yang bermutu tinggi, tanggap, tangguh, bertanggung jawab, rela berjuang, dan berkorban demi kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan dan pribadi.

Sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional, TNI berpedoman pada Sapta Marga yang merupakan penjabaran Pancasila. Dalam keadaan damai TNI dikembangkan dengan ke-kuatan kecil, profesional, efektif, efisien, dan modern bersama segenap kekuatan perlawanan bersenjata dalam wadah Siskamnas (Sishankamrata) yang strateginya adalah penangkalan.

Sebagai kekuatan inti Kamtihmas, Polri berpedornan kepada Tri Brata dan Catur Prasetiya dan dikembangkan sebagai kekuatan yang mampu melalganalcan penegakkan hukum, pemeiiharaan keamanan dan penciptaan ketertiban masyarakat. Kesadaran dan ketaatan masyarakat kepada hukumperlu terus menerus ditingkatkan.

Dengan demikian Ketahanan Pertahanan dan Keamananyang diinginkan adalah kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara seluruh rakyat dan mergandung kemampuan memelihara stabilitas Pertahanan dan Keamanan Negara yang dinamis, mengamankan pembangunan dan hasil-hasilnya, serta mempertahankan kedaulatan negara dan menangkal segala bentuk ancaman.

Keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia

Kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan Ketahanan Nasional yang mencakup aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Kondisi ini harus ada daiam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilandasi oleh landasan idiil Pancasila, landasan konstitusional UUD 1945, dan landasan visional Wawasan Nusantara. Untuk mewujudkan keberhasilan Ketahanan Nasional setiap warganegara Indonesia.

Keberhasilan Ketahanan pada Aspek Pertahanan dan Keamanan

  • Memiliki semangat perjuangan bangsa dan bentuk Perjuangan on Fisik yang disertai keuletan dan ketangguhan tanpa kenal menyerah dan marnpu mengembangkan kekuatan nasional dalam rangka menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan yang datang dari luar maupun dari dalarn untuk menjamin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta pencapaian tujuan nasional.
  • Sadar dan peduli akan pengaruh-pengaruh yang timbui pada aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan, sehingga setiap warga negara Indonesia dapat mengeliminir pengaruh tersebut.

Apabila setiap warganegara Indonesia memiliki semangat perjuangan bangsa, sadar serta peduli terhadappengaruh yang timbul serta dapat mengeliminir penkaruli tersebut, Ketahanan Nasional Indonesia alcan berhasil. Perwujudan Ketahanan Nasional memerlukan satu kebijakan umum dan pengarnbilan kebijalcan yang disebut Politik dan Strategi Nasional (Polstranas).




Sumber: PT. Gramedia Pustaka Utama