Langkah Membuat Inti dan Gagasan Utama pada Makalah Saintifik

Bagian ini merupakan inti dari suatu makalah saintifik. Biasanya ada dua materi yang muncul pada bagian hasil. Pertama, beberapa jenis dari gambaran lengkap mengenai eksperimen dengan suatu gaya yang tidak mengulang, detail eksperimen seperti yang sudah diberikan pada bagian metode.
 
Kedua, data eksperimen itu sendiri. Mempresentasikan data merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Data sebaiknya diberikan dalam bentuk tabel atau gambar bukan angka-angka mentah yang diperoleh selama eksperimen.
 
Hal penting lain dalam proses presentasi data adalah pemilihan data. Data yang Anda presentasikan harus berupa data representatif yang bisa mewakili keseluruhan hasil suatu rangkaian eksperimen bukan data berulang (repetitive data) yang membosankan.
 
Yang dimaksud dengan data berulang adalah data yang Anda peroleh dalam suatu eksperimen yang kira-kira persis sama sebagaimana yang diramalkan berdasarkan hasil-hasil yang telah diperoleh dari eksperimen sebelumnya.
 
Anda melakukan 50 kali eksperimen yang sama (atau hanya dengan mengubah sedikit kondisi eksperimen sehingga memberikan perubahan hasil sesuai yang diramalkan) dengan hasil tanpa divergensi mencolok mungkin menjadi kebanggaan tersendiri buat Anda, juga tentu saja bagi pembimbing Anda sendiri.
 
Tetapi bagi tim penilai dari jurnal tempat Anda menyerahkan makalah atau mungkin bagi sebagian pembaca seandainya makalah Anda sudah dipublikasikan, hal ini hanya membuang-buang waktu saja.
 
Mempresentasikan segala sesuatu yang ada dalam catatan praktikum tidak bisa dijadikan cara bahwa kita rajin dan ulet dalam aktivitas penelitian,tetapi justru akan meninggalkan kesan bahwa kita tidak memiliki daya pilah terhadap data yang kita peroleh. Kata pepatah: orang bodoh mengumpulkan data, orang bijak menyeleksinya. 

Data-data yang Anda presentasikan pun tidak mesti yang positif-positif saja. Data yang negatif, artinya. yang tidak Sesuai atau bahkan bertentangari dengan prediksi Anda ataupun menyimpang dari pola kecenderungan dari hasil yang Anda sampaikari, tetap harus Anda presentasikan.
 
Hingga saat Anda menyerahkan makalah mungkin Anda tidak memahami data-data negatif yang Anda peroleh, tetapi di kemudian hari Anda mungkin menemukan sesuatu kebenaran ilmiah dengan data Anda tersebut atau mungkin tidak jarang pula orang lain yang bisa menjelaskannya. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membuat beberapa prediksi dengan data negatif Anda tersebut, maka pada kasus seperti ini data negatif menjadi sama penting dengan data positif.

Dengan data yang sama Anda tidak boleh mempresentasikannya dengan gambar dan tabel sekaligus. Ada beberapa data yang mungkin lebih baik disampaikan dengan gambar, dan beberapa data yang lain mungkin akan lebih mudah menjelaskannya jika diperlihatkan dalam bentuk tabel. Kejelasan juga salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dalam mempresentasikan data. Kalimat harus dibuat ringkas dan tidak bertele-tele.
 
Langkah Membuat Inti dan Gagasan Utama pada Makalah Saintifik

Meskipun bagian hasil dari suatu makalah merupakan bagian yang terpenting, seringkali juga menjadi bagian terpendek, khususnya jika didahului oleh bagian bahan dan metode yang ditulis dengan baik dan diikuti dengan bagian diskusi yang logis dan bisa diterima secara ilmiah. Untuk itulah berlebih-lebihan dalam berekspresi merupakan suatu tindakan yang kurang bijak. Satu contoh berlebihan dalam berekspresi terlihat pada contoh berikut:

"It is clearly shozvn Figure 5 that acetaldehyde is degaded .completely zvithin 50 minutes"

Kalimat di atas sebaiknya Anda ubah misalnya menjadi:
 
"Acetaldehyde is degraded completely zvithin 50 minutes (Figure)"
Jika pendahuluan menyatakan mengapa Anda melakukan penelitian, bagian metode menyatakan bagaimana Anda mendapatkan hasil, diskusi tentang apa arti dari hasil tersebut. Jelas sekali bahwa bagian hasil merupakan bagian terpenting atau inti dari suatu makalah, yang harus dipresentasikan dengan jelas.





Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI