Macam-Macam Alat Bersuci (Thaharah)

Agama Islam adalah suatu Agama yang praktis dan sesuai dengan fithrah manusia serta fithrah alam. Allah telah menyediakan untuk manusia alat-alat yang praktis yang mudah didapat serta merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia sendiri dan oleh Allah disediakan antara lain untuk bersuci bagi manusia ialah air yang mudah didapat dan mengandung hikmat yang besar.

Air merupakan alat bersuci yang pertama dan utama. Air terdapat di mana-mana, disediakan oleh Allah untuk keperluan manusia, bahkan segala kehidupan dan penghidupan makhluk yang hidup, air merupakan alat yang menentukan, maka air ditunjuk untuk dipakai sebagai alat bersuci dan alat membersihkan diri dan barang-barang.

Adakalanya manusia tidak mendapatkan air, atau mempunyai air tetapi sekedar cukup untuk minum dan kepentingan yang sangat urgent yang tidak dapat dihindarkan. Hal ini terjadi apabila manusia berada di tengah-tengah perjalanan dalam hutan belantara, di atas kendaraan dalam perjalanan yang jauh dan tidak memungkinkan turun dan berhenti, di tengah-tengah padang pasir yang luas, yang jauh dari perkampungan dan oase yang bermata-air.

Disamping itu sering manusia berhalangan memakai air demi untuk menjaga kesehatan dan jiwa manusia, misalnya sakit yang membawa lebih payah lagi jika mandi atau membasahi badan dengan air, atau suatu penyakit yang sukar sembuhnya jika disiram dengan air, maka Allah menyediakan alat lain yang juga praktis dan mudah didapat di manapun manusia berada serta sesuai dengan fithrah kejadian manusia sendiri yang berasal dari tanah liat, maka jika kita tidak mendapatkan air untuk bersuci atau berhalangan memakai air, Agama Islam memerintahkan agar kita bersuci dengan debu yang bersih.

Macam-Macam Alat Bersuci (Thaharah)

Bersuci dengan debu yang bersih disebut tayamum. Apabila kita tidak mendapatkan air, sedangkan benda naiis yang menempel pada badan kita perlu kita sucikan seperti sehabis buang air besar ataupun buang air kecil, atau kita berhalangan memakal air, maka Allah menyediakan batu atau benda-benda yang keras dan menghisap najis (kering) untuk dipakai sebagai alat bersuci.

Dengan demikian maka alat-alat yang dapat kita pakai untuk bersuci ada tiga macam yang kesemuanya praktis di mana-mana terdapat selagi manusia masih berada di bumi, yaitu: Air, Debu dan Batu atau benda-benda keras yang suci dan menghisap. 



Sumber Pustaka: PT. AL Ma'arif