Macam Macam Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ada beberapa norma yang perlu kita ketahui dalam kehidupan sehari hari,
 
1. Norma Agama

Norma agarna adalah, ketentuan agama yang mengatur pemeluk agama supaya menjalankan ahlak atau perbuatan baik atau yang diwajibkan, dan menjauhkan perbuatan-perbuatan yang tidak baik atau dilarang berdasarkan firman-firman Tuhan dalam kitab suci masing-masing agama.

Hal ini akan memberikan dorongan bagi setiap anggota masyarakat untuk mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang akan mendapatkan balasan berupa kebaikan dan dapat menghindari perbuatan yang dilarang karena balasannya berupa hukuman. 

2. Norma Moral

Norma moral adalah ketentuan yang mengatur sikap dan tingkah laku manusia dalam bermasyarakat agar bersikap sopan dan bersusila.
Contoh-contoh perilaku hidup yang sopan dan bersusila dapat berupa:
  • menghorrnati sesarna, khususnya, orang yang lebih muda menghonnati kepada orang yang lebih tua;
  • seorang siswa berlaku sopan dan hormat pada gurunya;
  • ucapan "permisi" atau "salam" jika bertamu ke rumah orang atau memasuki rumah orang lain;
  • cara berpakaian yang pantas dan sopan, tidak berpakaian yang tidak senonoh.

Perilaku sopan dan bersusila itu dapat kita wujudkan dalam kehidupan-kehidupan sehari-hari baik di sekolah, di rumah, dalam pergaulan dengan teman, serta dalam kehidupan bermasyarakat. Kesadaran untuk senantiasa mernperhatikan norma-norma tersebut sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

3. Norma Adat 

Macam Macam Norma dalam Kehidupan Sehari-Hari

Norma adat di Indonesia ada bermacam-macam, sesuai dengan daerahnya masing-masing. Norma adat adalah aturan perilaku yang bersumber dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus oleh warga di daerah tertentu, sehingga dianggap sebagai pedoman dalam hidup bermasyarakat di daerah tersebut. Norma adat di Indonesia terlihat dalam berbagai segi kehidupan, seperti aturan dalam tata cara pernikahan dan aturan pembagian warisan yang di setiap daerah berbeda.

4. Norma Hukum 

Norma hukum adalah aturan-aturan yang dibuat oleh negara yang memuat ketentuan tentang benar atau salah mengenai perilaku manusia di dalam pergaulan hidupnya. Norma hukum berfungsi mengatur tingkah laku manusia sebagai warga negara atau warga masyarakat untuk dapat melaksanakan hak dan kewajibannya secara benar. Melalui diskusi berilah contoh norma-norma yang berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.




Sumber: Tim Penyusun Naskah PPKN