Penulisan Kata Pengantar (Ucapan Terimakasih) dalam Makalah

Penelitian merupakan satu aktivitas ilmiah yang hampir pasti dilakukan secara berkelonpok atau melalui kerjasama. Dalam dunia iptek yang telah maju seperti sekarang, tidak ada satu pun model penelitian laboratorium atau lapangan yang dilakukan hanya oleh seorang peneliti. Ketika kita melakukan penelitian di laboratorium pasti kita pernah meminjam alat X dari institusi Y, atau menerima beberapa saran yang bermanfaat bagi kemajuan penelitian kita dari Dr. Z, dan banyak kasus lain yang serupa.

Tidak jarang kita pun bisa melakukan penelitian karena mendapatkan bantuan dana dari suatu yayasan atau organisasi, atau bahkan kita sendiri sebagai peneliti mendapatkan dana bantuan dalam bentuk beasiswa. Semuanya merupakan bentuk kerjasama yang secara eksplisit menunjukkan bahwa dalam dunia penelitian kita tidak bisa berperan sebagaipejuang tunggal.

Teristimewa akhir-akhir ini ketika tingkat keterkaitan antara berbagai disiplin ilmu makin tinggi. Untuk mengerjakan penelitian yang canggih dan berlevel tinggi, kita perlu memakai pengetahuan dan teknologi yang seluas mungkin, yang dengan sendirinya mengharuskan kita banyak melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dari berbagai disiplin ilmu.

Ketika kita menulis makalah mengenai hasil penelitian dari kerjasama tersebut maka merupakan hal tidak etis dan bijak jika kita, tidak mengucapkan terima kasih kepada orang/pihak yang telah memberikan bantuan kepada kita atau pun yang telah mengadakan kerjasama dengan kita. Ucapan terima kasih ini biasa ditaruh di bagian acknowledgment.

Pemberian ucapan terima kasih bisa diberikan kepad.a dua kelompok. Pertama kepada orang-orang yang telah memberikan bantuan yang nyata-nyata sangat bermanfaat bagi kemajuan penelitian kita. Orang yang telah memberikan beberapa sumbangan pemikiran penting dalam bentuk diskusi ataupun saran yang sifatnya ilmiah mesti dimasukkan juga dalam kelompok ini. Bisa juga prioritas seperti ini diberikan kepada orang yang telah membantu eksperimen. 

Kelompok kedua mesti beri ucapan terima kasih adalah pihak yang telah memberikan bantuan keuangan/finansial seperti grant, kontrak, atau beasiswa.

Bahasa yang diperlukan dalam pengungkapan rasa terima kasih harus sopan. Mespkipun gaya pengungkapannya sudah baku, akan tetapi mesti diingat bahwa hukum-hukum yang berlaku pada masyarakat berbudaya mesti juga Anda aplikasikan pada kesempatan ini. Beberapa bentuk ungkapan yang biasa dipakai untuk mengungkapkan rasa terima kasih, di antaranya:
  • A are grateful to B for C
  • are indebted to B for C
  • wish to thank B for C
  • thank B for C
  • gratefully acknozviedge B by C
A mewakili para pengarang, B pihak/orang yang diberi ucapan terima kasih, dan C adalah bentuk aktual dari bantuan yang telah diberikan oleh B. 

Contoh nyata dari ucapan terima kasih misalnya sebagai berikut:

The authors are grateful to Dr. D.A. Tryk for valuable discussions. This work was supported by a Grant in Aid for Scientific Research from the Ministry of Education, Science, and Culture of Japan. One of the authors, I.S., would like to express gratitude to the Government of the Republic of Indonesia for financial support.

Pada contoh di atas dipakai ungkapan valuable discussions (diskusi yang berharga), yang bisa diganti misalnya dengan ungkapan-ungkapan his continuing interest and encourage-ment (dorongan dan perhatian yang terus-menerus), useful suggestions during this work, his comments on this report, as-sistance in several calculations, reading the manuscript, atau a kind gift of TiO, pozvder, dsb.

Inisial I.S. adalah singkatan dari nama penulis sendiri, sebagai ungkapan terima kasih karena mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Indonesia. Demikianlah, jika ada salah satu atau hanya sebagian penulis ingin mengungkapkan sesuatu di bagian ini cukup dengan menunjukkan dengan inisial namanya bukan nama lengkap atau nama keluarganya.

Penulisan Kata Pengantar (Ucapan Terimakasih) dalam Makalah

Ucapan terima kasih ini harus disampaikan dengan cara yang wajar dan proporsional, dan tentu saja yang memberikan rasa puas kepada pihak yang kita menerima ucapan terima kasi. Akan lebih bijak jika Anda memperlihatkan terlebih dahulu kalimat usulan dari ucapan terima kasih kepada orang/pihak yang akan. diberi ucapan tersebut.

Hal ini diperlukan agar mereka tidak merasa dilebih-lebihkan atau sebaliknya merasa kurang dihargai dengan kontribusinya. Tindakan ini juga terlebih penting lagi jika mengingat bahwa bantuan tersebut bisa berupa saran ilmiah. Saran-saran ilmiah yang spesifik dan baru perlu Anda ungkapkan juga detailnya dalam bagian ini.

Akan tetapi pihak yang memberikan saran tersebut mungkin tidak menginginkan detailnya diketahui oleh orang lain selain Anda atau kelompok Anda. Oleh karena itu penulisan ucapan terima kasih, pada kasus-kasus tertentu perlu dibicarakan dengan pihak yang kita beri ucapan terima kasih.




Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI