Tips Langkah Cara Penulisan Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

A. Menggunakan kertas dan alat tulis terbaik 
Kertas surat akan mewakili dan menunjukkan siapa anda. Jika tulisan Anda tepat dan jelas di atas kertas yang bersih, Anda akan memberikan kesan yang baik kepada pembaca, dan sudah merupakan satu kesuksesan Anda dalam berkorespondensi. 

Akan lebih baik lagi jika surat Anda ditik dengan word processor (pengolah kata). Tentu saja hal ini membutuhkan tinta yang baik agar dapat memberikan hasil yang memuaskan. Corengan atau goresan akibat kecerobohan harus dihindari. 

B. Mengikuti bentuk atau format standar.Format standar akan membantu menyampaikan pesan surat dengan pasti dan tepat. Menulis surat tanpa mengikuti format yang standar hanya akan membingungkan si penerima surat, yang akhirnya dapat merusak arti komunikasi itu sendiri. 

C. Menggunakan tata bahasa, ejaan, dan tanda tulis baku Kaidah-kaidah dari penulisan surat yang baik sarna seperti yang diterapkan pada penulisan-penulisan lain, seperti disertasi, makalah ilmiah dll. Komunikasi yang berhasil bergantung pada penggunaan kaidah-kaidah tersebut. 

D. Membaca ulang surat Anda sebelum dikirimkanSetelah selesai menulis surat, bacalah seluruh isi surat dengan perasaan tenang untuk memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi. Bayangkan bahwa Anda sendirilah yang menjadi si penerima surat tersebut. Bacalah surat dengan bersuara, sesuai pendengaran and& dan dengarkan baik-baik sesuai dengan nuansa pikiran dan perasaan anda. Surat yang baik biasanya akan enak dibaca dan terkesan luwes. 

Jika Anda rnenemukan kesalahan akan lebih baik ditik ulang atau dicetak ulang. Jika dalam menulis surat Anda bisa menjaga kelima hal di atas dengan baik, maka anda telah menulis surat yang berhasil. Surat seperti ini akan menyenangkan si pembaca.

Tips Langkah Cara Penulisan Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

Nada surat cocok dengan sifat dari pokok masalah, setiap hal yang anda tonjolkan dapat memberikan dampaknya masing-masing sehingga memberikan perasaan puas kepada pembaca surat, surat tidak mengecewakan dan surat yang berhasil tentu saja membangkitkan hasrat si penerima untuk membalasnya.

Menulis surat merupakan suatu keahlian yang akan Anda gunakan seumur hidup. Di satu kesempatan mungkin Anda mesti mengekspresikan pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan anda. Atau mungkin Anda menulis surat untuk tujuan-tujuan tertentu, untuk mendapatkan sesuatu.

Memang dalam beberapa segi penulisan surat juga merupakan suatu bentuk seni tersendiri. Dan surat yang baik biasanya akan mencapai kualitas-kualitas yang menjadi ciri dari semua tipe penulisan yang baik, yakni: kejelasan (clarity), kepatutan (appropriateness), dan keindahan (elegance).



Sumber Pustaka: Kesaint Blanc-Anggota IKAPI