Analisis Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia

Analisis Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia


Secara umum, politik luar negeri Indonesia merupakan kumpulan kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan luar negerinya. Hal tersebut merupakan bagian dan kebijakan nasional rang semata-mata dimaksudkan untuk tujuan-tujuan yang biasanya telah ditentukan dalam jangka waktu tertentu. Tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu negara dalam suatu kurun waktu tertentu lazim disebut dengan kepentingan nasional.

Sumber politik luar negeri dapat dikiasifikasikan ke dalam dua hal. Pertama, sumber yang sifatnya sistemik, yakni keadaan masyarakat, bangsa, pemerintah, sifat-sifat, dan tingkah laku para pengambil kebijakan. Kedua, menurut konsep waktu, ada yang sifatnya tetap dan ada yang sifatnya berubah-ubah. Misalnya, karena adanya pertentangan atau perubahan zaman yang menuntut perubahan secara cepat sebagai penyesuaian.


Jadi, kedua sumber penentuan kebijakan politik luar negeri akan selalu ditemui oleh setiap negara dan akan selalu diantisipasi untuk menyesuaikannya. Apabila dilalaikan, kemungkinan negara akan mengalami keguncangan. Dalam menentukan kebijakan sistem politik luar negeri, tidak ada satu pun negara di dunia yang memiliki karakter kebijakan yang sama. Hal ini sangat bergantung pada tujuan dan modal yang dimiliki. Dengan kata lain, penentuan kebijakan luar negeri memiliki kaitan yang erat dengan faktor intern dan faktor ekstern dan negara yang bersangkutan.

Berdasarkan hal tersebut, jika dikaitkan dengan Indonesia, politik luar negeri Indonesia merupakan bagian dan politik nasional yang merupakan penjabaran dan cita-cita nasional dan tujuan nasional.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama