Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional

Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional


Tujuan hukurn intemasional ialah mengatur hubungan-hubungan antar-negara berdasarkan keadilan, perikemanusiaan, dan kesusilaan, baik masa perang maupun masa damai.

Hukum damai mengurus hubungan antamegara walaupun dalam keadaan damai. Peranan hukum internasional, misalnya mengatur batas negara, mengatur hubungan diplomasi, membuat, melaksanakan, dan menghapus traktat. Selain itu mengatur masalah kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Hukum damai juga mengatur cara memecahkan perselisihan dengan jalan damai, seperti perundingan diplomatik dan inediasi dengan meminta pihak ketiga sebagai perantara.



Hukum perang adalah hukum yang mengatur hubungan antamegara yang berperan dan menentukan larangan-larangan cara berperang. Dalam hukum berperang diatur akibat pemutusan hubungan diplomatik dan nasib warga Negara yang sedang berperang. Mengenai nasib warga negara pada umumnya, diperhatikan oleh negara lain yang mau menjadi perantara. Hukum perang pada bagian mi menekankan pada hal yang perlu dihormati, seperti tidak diperbolehkannya menghancurkan kota-kota besar.

Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama