5 Persyaratan Keberhasilan Koperasi

Persyaratan Keberhasilan Koperasi


Kita telah membahas perkembangan koperasi baik di luar negeri maupun di Indonesia. Sebagai suatu gerakan, koperasi mengalami kelahiran, pertumbuhan, dan mungkin kemurduran. Untuk menumbuhkembangkan koperasi, perlu adanya beberapa persyaratan agar dapat diciptakan situasi yang kondusif bagi pertumbuhan koperasi primer yang sehat dan berkelanjutan. Persyaratan itu antara lain sebagai berikut.

Kesadaran

Pembentukan koperasi primer seharusnya didasari dengan kesadaran di antara sekelompok orang bahwa mereka mampu memperbaiki kehidupan ekonominya apabila mereka bergabung dan membentuk koperasi yang dapat melayani anggotanya secara memuaskan.


Pengetahuan dasar tentang prinsip dan mekanisme kerja koperasi

Anggota harus mengerti pengetahuan dasar tentang koperasi sebagai sarana untuk memperbaiki tingkat kehidupan ekonominya.

Kejujuran pimpinan koperasi

Meskipun kontrol sosial dan kontrol anggota merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan yang menunjang keberhasilan koperasi, tetapi pimpinan yang profesional dan jujur tetap merupakan penentu keberhasilan yang utama.

Volume usaha

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang akan terus hidup dan berkembang sepanjang ia dapat menghasilkan SHU. Semakin besar volume usaha yang ditangani koperasi, semakin besar pula kemungkinan mencapai SHU yang tinggi sehingga koperasi semakin mudah mengembangkan diri.

Pasar

Keberhasilan koperasi tergantung pada bagaimana dan dalam keadaan apa mereka dapat memasarkan komoditi atau mengembangkan pasarnya.
Sumber Pustaka: Erlangga