7 Sumber Daya Alam (Land) Dalam Faktor Produksi

Sumber Daya Alam (Land) Dalam Faktor Produksi


Sumber daya alam merupakan semua kekayaan yang terdapat di alam untuk dimanfaatkan dalam proses produksi. Sumber daya mi sudah begitu saja ada pada kita, dan sudah sejak dulu dimanfaatkan untuk produksi, oleh sebab itu sumber daya mi termasuk faktor produksi ash. Sumber daya alam meliputi tanah, air, udara, sinar matahari, tumbuht umbuhan, hewan, dan barang-barang tambang.

Tanah

Tanah antara lain digunakan untuk lahan pertanian dan perkebunan dalam rangka menghasilkan barang jadi, bahan baku, maupun bahan penolong. Selain itu, tanah diperlukan juga untuk sarana jalan kendaraan bermotor, landasan pesawat terbang, tempat gedung perkantoran, pabrik, dan areal peternakan.

Air

Air tidak dapat dilepaskan dan riak kehidupan kita. Selain untuk diminum, air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik, perikanan, dan sarana lalu lintas perairan.




Udara

Udara di antaranya digunakan untuk kincir angin, sarana lalu lintas penerbangan, dan juga berperan dalam mempengaruhi iklim serta kesuburan tanah.

Sinar Matahari

Sinar matahari dapat dimanfaatkan untuk sumber tenaga listrik, dapat mempengaruhi iklim, dan menunjang kesuburan tanah.

Tumbuh-tumbuhan

Tumbuh-tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya panas (untuk memasak), sumber daya protein (sayur-sayuran) dan bahan baku alat-alat rumah tangga (kursi, meja).

Hewan

Hewan dapat dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak (kerbau/sapi untuk membajak) dan sebagai sumber bahan makanan manusia (daging merupakan sumber protein hewani).

Barang Tambang

Barang tambang ada yang terdapat di permukaan tanah. Ada pula yang terdapat di dalam tanah, misalnya minyak tanah, batu bara, besi, emas, perak, bauksit, dan uranium. Barang tambang mi amat berguna untuk tenaga pembangkit listrik, bahan perakitan mobil, pesawat terbang, kapal laut, perhiasan, pera rumah tangga, sumber daya dan lain-lain.
Sumber Pustaka: Erlangga