Antropologi Budaya Dalam Bidang Kajian Antropologi

Antropologi Budaya Dalam Bidang Kajian Antropologi


Antropologi budaya ialah bagian dan antropologi yang mengkaji aneka nkebudayaan manusi di muka bumi ini. Salah satu pendekatannya adalah dengan membandingkan kebudayaan berbagai bangsa. Pendekatan ini disebut dengan lintas budaya. Pendekatan lain, misalnya melalui kajian etnografi, yaitu penggambaran suatu suku bangsa secara menyeluruh. Antropologi budaya mempelajari kebudayaan berbagai bangsa di dunia serta perubahannya. Kebudayaan yang dipelajari tidak hanya kebudayaan manusia yang masih hidup tetapi juga kebudayaan dan manusia yang sudah lama berlalu.

Manusia dengan akalnya menciptakan kebudayaan untuk melindungi diri dan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Melalui kebudayaan, manusia melindungi din dan cuaca dengan membuat baju, rumah, dan berbagai senjata untuk melindungi din dan binatang buas serta musuh. Melalui kebudayaan pula, manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan makan, pakaian, obat-obatan, perumahan, dan kebutuhan lainnya. Antropologi budaya mempelajari seluruh cara hidup manusia di berbagai tempat di dunia.



Manusia adalah makhluk sosial. Dalam melakukan hubungan dengan individu lain atau dengan kelompok lain, manusia mempergunakan budaya, seperti bahasa, sopan santun, dan adat istiadat tertentu. Dengan demikian, tercipta tata pergaulan yang harmonis dan saling bekerja sama. Manusia mempunyai kemampuan untuk belajar, baik secara langsung maupun belajar dengan cara meniru. Karena kemampuan itu, kebudayaan pun senantiasa berkembang.

Mengingat lingkungan alam dan sosial manusia berbeda satu sama lain, kebudaynan pun berbeda antara sam kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya. Antropologi budaya mempelajari keanekaragaman budaya manusia tersebut
Sumber Putaka: Bumi Aksara