Berprilaku Patriotik Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Berprilaku Patriotik Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara


Kini bangsa Indonesia telah merdeka. Namun, hal tersebut bukan berarti lepas dan semua masalah dan semua yang berbau perjuangan. Perjuangan bangsa Indonesia nyatanya masih panjang. Lawan kita masih ada dan bahkan semakin banyak dan kompleks. Dan masalah kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, infiltrasi, sampai intervensi dalam berbagai bentuknya. 



Untuk itu, diperlukan pahiawanp ahiawan yang punya semangat dan tekad tinggi, pikiran yang jernih, dan punya keberanian untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Selain itu, seorang pahiawan juga harus memiliki sikap yang bijak dalam bertindak, baik terhadap dirinya maupun orang lain. Bijaksana maksudnya perjuangannya selalu dilandasi oleh jiwa yang agung dan suci.

Sekarang dapat kita lihat betapa banyak putra-putri bangsa Indonesia yang telah berjuang mengharumkan nama baik bangsa dan negara dengan dilandasi oleh jiwa satria, keikhlasan, kejujuran dan jiwa patriotisme dalam bidang masing-masing, seperti olahraga, kesenian, kemanusiaan, perdamaian dunia, dan pertahanan keamanan. Kesemua mi mereka tunjukkan dengan semangat ksatria dan jiwa yang suci untuk menjaga nama baik dan citra negara Indonesia.
Sumber Pustaka: Yudhistira