Definisi Globalisasi Dan Perkembangan Iptek

Definisi Globalisasi Dan Perkembangan Iptek


Perkembangan globalisasi ditandai dengan kuatnya pengaruh lembaga-lembaga kemasyarakatan internasional, negara-negara maju yang ikut mengatur percaturan perpolitikan, perekonomian, sosial budaya, dan pertahanan keamanan global. Kondisi ini akan menumbuhkan berbagai konflik kepentingan,baik antarnegara maju dengan Negara-negara berkembang maupun antarsesama negara berkembang serta lembaga-lembaga internasional. Di samping hal tersebut, adanya isu global yang meliputi demokrasi, hak asasi manusia, dan lingkungan hidup turut pula mempengaruhi keadaan nasional.



Globalisasi ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang informasi, komunikasi, dan transportasi sehingga dunia menjadi transparan seolah-olah menjadi kampung sedunia tanpa mengenal batas negara. Kondisi yang demikian menciptakan struktur baru yang global. Kodisi mi akan mempengaruhi struktur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia, serta akan mempengaruhi juga dalam pola pikir, sikap, dan tindakan masyarakat Indonesia sehingga akan mengaruhi kondisi mental spiritual bangsa Indonesia.

Dari wacana tersebut di atas, berikan pandangan Anda terhadap pertanyaan di bawah ini!
  1. Jelaskan pandangan Anda tentang globaliasi dan kemajuan iptek dewasa ini!
  2. Mengapa perkembangan global dan kemajuan iptek dapat menimbulkan berbagai konflik kepentingan?
  3. Berikan contoh hasil kemajuan iptek di bidang informasi, komunikasi, dan transportasi yang dapat digunakan sejalan dengan nilai-nilai keagamaan!
  4. Berikan pandangan, bahwa kemajuan iptek dapat mempengaruhi pola pikir, sikap, dan tindakan masyarakat Indonesia, baik mental maupun spiritual!
  5. Berikan saran dan solusi agar kemajuan iptek tetap bermanfaat untuk kepentingan demokratisasi, hak-hak asasi manusia, dan lingkungan hidup yang selaras dengan nilai-nilai keagamaan!
Sumber Pustaka: Yudhistira