Definisi Sistem Ekonomi Di Indonesia

Definisi Sistem Ekonomi Di Indonesia


Masyarakat manapun juga, apakah itu sebuah suku di pedalaman, sebuah negara industri maju yang sudah mapan, atau sekelompok masyarakat di kutub utara, pasti harus menghadapi dan memecahkan tiga masalah ekonomi yang mendasar dan saling terkait. Seperti yang sudah dibahas di atas, ketiga masalah ekonomi mendasar tersebut adalah:
  1. output!komoditi apa yang harus diproduksi dan dalam jumlah berapa;
  2. bagaimana cara menghasilkannya, atau dengan teknologi seperti apa setiap input digabungkan agar diperoleh output yang diinginkan;
  3. untuk siapa output tersebut dihasilkan dan disalurkan.


Walaupun tiga masalah tersebut sangat mendasar dan umum terjadi pada semua corak perekonomian, masing-masing masyarakat memecahkannya dengan cara atau sistem yang berbeda. Perbedaan itu antara lain dipengaruhi oleh budaya, ilmu pengetahuan, maupun faktor politik yang ada pada masyarakat bersangkutan. Sebagai contoh, cara masyarakat primitif memecahkan masalah ekonomin ya tentu berbeda dengan cara masyarakat yang sudah maju. Begitu pula di antara masyarakat maju sendiri juga terdapat sejumlah perbedaan. Dan sinilah timbul bermacam-macam sistem ekonomi. Dalam bab ini, kita akan menggali lebih jauh beberapa sistem ekonomi yang terdapat di seluruh dunia, yaitu system ekonomi tradisional, sistem ekonomi terpusat/komando, sistem ekonomi pasar, dan sistem ekonomi campuran.

Namun sebelum kita membahas berbagai sistem ekonomi tersebut, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem. Sistem adalah suatu kesatuan susunan, di mana masing-masing unsur yang ada di dalamnya tidak diperhatikan hakikatnya, tetapi dilihat menurut fungsinya terhadap keseluruhan kesatuan susunan tersebut. Dalam suatu sistem, masingm asing unsur maupun keseluruhannya sebagai kesatuan, saling berkaitan dan saling membutuhkan. Jadi, sistem ekonomi adalah suatu susunan dan unsu-runsur ekonomi yang saling berhubungan dan bekerja secara bersama-sama sebagai suatu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu.
Sumber Pustaka: Erlangga