Definisi Tindakan Sosial, Jenis Dan Contohnya

Definisi Tindakan Sosial, Jenis Dan Contohnya


Tindakan sosial adalah perbuatan atau perilaku manusia untuk mencapai tujuan subjektif dirinya. Semenjak masih kecil manusia sudah melakukan tindakan sosial, misalnya memberi sesuatu kepada teman bermain. Semakin dewasa kebutuhan manusia semakin beragam, sehingga tindakan sosialnya juga semakin beragam.

Tindakan sosial manusia diperoleh melalui proses pengalaman dan proses belajar dan orang lain. Karena tindakan sosial melalui proses belajar dan berasal dan pengalaman maka manusia akan melakukan tindakan yang sama apabila tindakan sosial sebelumnya dianggap baik. Tindakan sosial yang dianggap baik dan bermanfaat  bagi orang lain atau kelompoknya lama-kelamaan akan tujuan sUbiektif pelakun dianggap sebagai sesuatu yang dianggap sebagai suatu kebiasaan yang dilakukan bersama oleh seluruh anggota kelompok.

Namun, tidak semua tindakan manusia disebut tindakan sosial. Misalnya, seorang pelajar membaca koran di rumah atau di sekolah, hal tersebut bukan merupakan tindakan sosial. Tetapi apabila pelajar tersebut membaca kliping koran di saat proses belajar mengajar, tindakan itu disebut tindakan sosial. Artinya, secara subjektif dihubungkan dengan individui ndividu lain.



Menurut Max Weber, tindakan sosial adalah tindakan individu yang dapat mempengaruhi individu-individu lain dalam masyarakat. Tindakan atau perilaku individu hendaknya memperhitungkan keberadaan individu-individu lain dalam masyarakat. Hal itu perlu diperhatikan mengingat tindakan sosial menjadi perwujudan dan hubungan atau interaksi sosial.

Jenis-Jenis Tindakan Sosial


  • Tindakan sosial yang bersifat rasional (instrumental)
Tindakan sosial yang bersifat rasional ialah tindakan sosial yang dilaksanakan dengan pertimbangan dan pilihan secara sadar meliputi proses yang sistematis dan teratur untuk mencapaitujuan. Misalnya, dalam memilih program studi di perguruan tinggi pada waktu UMPTN.

  • Tindakan sosial yang bersifat irasional
Tindakan sosial yang bersifat irasional ialah tindakan yang berorientasj pada suatu sistem nilai tertentu. Tindakan sosial seperti itu dilakukan tanpa memperhatikan terlebih dahulu asas manfaat dan tujuannya. Misalnya, upacara potong rambut bayi yang telah berumur 35 han dalam masyarakat Melayu.

  • Tindakan sosial yang bersifat tradisional
Tindakan sosial yang bersifat tradisional ialah tindakan tradisional yang menggunakan pertimbangan kondisi tradisional yang telah baku sehingga tidak memperhitungkan proses sosial dan tujuannya. Sesungguhnya tindakan itu bersifat rasional. Contoh: berlaku sopan kepada guru, hormat kepada orang tua, dan menghargai adat istiadat masyarakat setempat.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara