Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi Dalam Ilmu Ekonomi

Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi


Kita telah mengenal tiga kegiatan ekonomi utama, yaitu menghasilkan (produksi), memasarkan (distribusi), dan menggunakan (konsumsi). Kita pun telah mengetahui bahwa kegiatan—kegiatan tersebut dilakukan oleh para pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakar luar negeri.

Untuk memahami hubungan antar pelaku ekonomi serta hubungan antara produksi, konsumsj, dan distribusi tersebut, kita dapat membuat model arus barang dan arus uang yang sering disebut the circular flow model. ini dapat dilihat pada Peraga, di mana kegiatan perekonomian suatu negara digambarkan secara sederhana. Sektor perusahaan memproduksi barang/jasa yang kemudian dijual ke rumah tangga. Terlihat adanya arus barang/jasa dan perusahaan ke rumah tangga. Sebaliknya, terdapat arus uang dan rumah tangga ke perusahaan.



Selanjutnya, untuk dapat membeli dan mengkonsumsi barang, orang harus bekerja agar dapat memperoleh penghasilan. Transaksi tersebut terjadi di pasar faktor produksi. Dengan demikian, terdapat arus uang dan perusahaan ke rumah tangga. Dan penjelasan di atas dapat kita lihat bahwa dalam setiap transaksi yang terjadi di pasar, selalu terdapat dua arus yang berlawanan dan berkaitan dengan para pelaku ekonomi. Masing-masing pelaku ekonomi bertindak sebagai “pembeli” dan “penjual” bagi yang lain.

Peranan pemerintah adalah sebagai pengatur perekonomian dan penyedia berbagai jasa kepada rumah tangga dan perusahaan. Sumber penerimaan pemerintah adalah pajak serta hasil usaha dan lembaga-lembaga milik pemerintah. Sedangkan peranan masyarakat luar negeri adalah sebagai mitra perdagangan untuk kegiatan ekspor-impor.
Sumber Pustaka: Erlangga