Loading...

Etnologi Dalam Bidang Antropologi Budaya Dan Contohnya

Loading...

Etnologi Dalam Bidang Antropologi Budaya


Etnologi adalah cabang antropologi budaya yang memplajari bangsa-bangsa di dunia, yaitu tentang cara berpikir dan cara berperilaku yang sudah baku pada orang-orang masa sekarang dan masa lampau, serta memahami sebab dan perbedaan itu. 

Dengan kata lain, etnologi mempelajari pola tingkah laku, seperti adat istiadat, perkawinan, sistem kekerabatan. Sistem politik, ekonomi, agama, cerita rakyat, kesenian, dan musik. Selain itu, etnologi mempelajari dinamika kebudayaan, bagaimana kebudayaan berkembang dani berubah, serta bagaimana keb.udayaan tersebut dan kebuthyaan lain saling mempengaruhi, termasuk interaksi antara berbagai kepercayaan, dan cara-cara melaksanakannya serta efeknya pada kepribadian seseorang.



Contoh Etnologi

Contoh: dalam setiap masyarakat, istilah kekertbatan mewujudkan banyak bentuk yang berbeda-beda. Pada masyarakat Jawa, adik kandung laki-laki dan orang Wa disebut Pak Lik. Sementara pada masyaralcat Sunda disebut dengan mamang atau emang, dan pada masyarakat Minang disebut mamak (dan pihak ibu). Setiap suku bangsa beranggapan bahwa sistem sendirilah yang jelas, logis, dan sederhana. Walaupun bagi orang luar atau suku bangsa lain, sulit untuk hengikutinya.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara
Loading...