Faktor Produksi Tanah Atau Sumber Daya Alam Dalam Prilaku Produksi

Faktor Produksi Tanah Atau Sumber Daya Alam Dalam Prilaku Produksi


Untuk mlakukan kegiatan produksi diperlukan bahan-bahan yang memungkinkan dilakukannya produksi, yaitu tanah atau sumber daya alam, tenaga manusia, modal dalam segala bentuknya serta kecakapan atau keterampailan tertentu. Semua unsur-unsur tersebut dinamakan faktor-faktor produksi. Jadi, faktor produksi adalah semua unsur yang menopang usaha penciptaan nilai atau usaha memperbesar nilai barang/jasa.



Di dalam ilmu ekonomi faktor produksi terdiri dan 4 (empat) macam, yaitu
  1. tanah atau sumber daya alam (natural resources),
  2. tenaga kerja (labor),
  3. modal (capital), dan
  4. skil/kewirausahaan (enterpreneurship).
Pada waktu peradaban manusia masih sangat sederhana sebagian besar kebutuhan dapat dipenuhi dengan memproduksi sendiri barang-barang yang diperlukan sehingga hanya memerlukan dua jenis faktor produksi saja, yaitu alam dan tenaga kerja. Manusia dapat menghasilkan barang/jasa dengan bantuan alam. Oleh sebab itu, faktor produksi alam dan tenaga kerja disebut faktor produksi asli. Produksi dengan menggunakan dua faktor produksi mi hasilnya sangat terbatas dan tidak dapat menjamin konsumsi masa depan.

Sejalan dengan kemajuan zaman dan berkembangnya peradaban manusia maka kebutuhan semakin meningkat. Oleh sebab itu, selain faktor produksi alam dan tenaga kerja juga dibutuhkan modal untuk meningkatkan hasil yang ingin dicàpai serta keahlian dan keterampilan mengkoordinir seluruh factor produksi secara keseluruhan. Faktor produksi modal dan faktor produksi skill kewirausahaan digolongkan pada faktor produksi turunan.

Faktor Produksi Tanah atau Sumber Daya Alam

Faktor produksi tanah mutlak harus ada pada setiap proses produksi. Faktor produksi tanah adalah segala sesuatu yang berasal dari atau disediakan oleh alam sebagai ciptaan Tuhan. Dengan kata lain segala sumber asli yang bukan berasal dan kegiatan manusia, seperti:
  1. tanah,
  2. air/tenaga air,
  3. ikan baik dan sungai, danau maupun ikan dan laut,
  4. iklim, cuaca, curah hujan, arah angin,
  5. tenaga alam (tenaga penumbuh misalnya pertanian, perikanan),
  6. bahan tambang, bebatuan, kayu, dan
  7. binatang ternak dan bukan ternak.
Faktor produksi tanah atau sumber daya alam ini tidak merata keberadaannya di setiap tempat/daerah. Penyebaran kekayaan alam yang tidak merata ini mempengaruhi kehidupan manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
Sumber Pustaka: Yudhistira