Fungsi Konsumsi Dalam Prilaku Konsumen Dan Produsen

Fungsi Konsumsi Dalam Prilaku Konsumen Dan Produsen


Beberapa Fungsi konsumsi bagi manusia di antaranya adalah:

Unutuk Memenuhi Kebutuhan Manusia

Dengan melakukan kegiatan konsumsi, maka manusia serta merta memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa barang atau jasa

Memberikan Kesenangan kepada Manusia

Kesenangan di sini sangat dekat kaitannya dengan perasaan puas yang segera manusia peroleh setiap kali ia mengkonsumsi barang atau jasa yang ia butuhkan.



Indikator untuk Mengukur Tingkat Status Sosial Manusia

Dengan melakukan kegiatan konsumsi, kita dapat mengetahui status social seseorang. Manusia yang melakukan kegiatan konsumsi seperti makan di restoran mewah sangat mungkin status sosialnya berbeda dengan manusia yang makan di warung-warung pinggir jalan.

Menambah Tingkat Permintaan Masyarakat

Dengan semakin banyak manusia yang melakukan kegiatan konsumsi, maka secara keseluruhan tingkat permintaaan masyarakat pun meningkat. Bila hari lebaran tiba, banyak orang menginginkan ketupat untuk dikonsumsi. Hal ini tentu saja membuat tingkat permintaan ketupat pun meningkat.

Menciptakan Inovasi Baru

Bila kita perhatikan, setiap kali konsumsi sebuah barang atau jasa meningkat, dampak yang terjadi selanjutnya adalah munculnya barang atau jasa baru yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Contoh terdekat yang jelas sekali ialah munculnya berbagai jenis minuman mineral yang mengikuti jejak minuman bermerk AQUA pada saat minuman bermerk mi semakin dikenal luas di lingkungan masyarakat.

Sebetulnya masih ada beberapa fungsi konsumsi yang belum disebutkan di sini. Cobalah kalian pikirkan beberapa fungsi konsumsi lainnya dengan mengambil contoh dan kegiatan kalian sehani-hari. Bicarakanlah hasil temuanmu itu dengan guru dan teman-temanmu!
Sumber Pustaka: Erlangga