Loading...

Hubungan Norma Sosial Dengan Sosialisasi

Loading...

Hubungan Norma Sosial Dengan Sosialisasi


Manusia adalah makhluk sosial yang hidup bermasyarakat (zoon politicon). Hidup bermasyarakat dapat diartikan sebagai hidup dalam suatu pergaulan. Interaksi antarmanusia tumbuh karena kondisi biologis dan psikologi manusia. Manusia dilahirkan dengan memiliki naluri dasar dan kebutuhan dasar yang tidak dapat dipenuhi sendiri, melainkan harus kerja sama dengan manusia lain. Agar kerja sama antarsesarna manusia dapat lancar, aman, dan optimal, manusia membutuhkan keteraturan sosial.



Di dalam kehidupannya manusia memerlukan peraturan, tata hubungan, sehingga mereka dapat hidup dalam suasana yang harmonis. Uraian diatas menunjukkan pentingnya norma-norma di dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, ternyata ada hubungan antara interaksi sosial dan norma sosial.

Secara sosiologis norma-norma sosial tumbuh dan proses sosial basil dan kehidupan bermasyarakat. Individu dilahirkan dalam suatu masyarakat dan disosialisasikan untuk menerima aturan-aturan dan masyarakat yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, norma sosial adalah sesuatu yang di luar individu, yang membatasi dan mengendalikan tingkah laku manusia. Unsur pokok suatu norma adalah tekanan sosial terhadap anggota-anggota masyarakat untuk menjalankan norma-norma. Norma sosial lebih merupakan aturan-aturan yang mempunyai sanksi-sanksi untuk mendorong, bahkan menekan perseorangan, kelompok, atau masyarakat secara keseluruhan dalam mencapai nilai-nilai sosial.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara
Loading...