Hubungan Patriotisme Dengan Cinta Tanah Air

Hubungan Patriotisme Dengan Cinta Tanah Air


Kecintaan terhadap tanah air akan mendorong seseorang rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Demikian pula, kebanggaan sebagai bangsa dan bertanah air Indonesia menyebabkan seseorang rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Hal mi menunjukkan seseorang menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.



Pada masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, banyak keluarga yang kehilangan anak, orang tua, paman, kakak, adik, dan sebagainya. Semua itu mereka relakan demi perjuangan bangsa yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air. Kecintaan akan tanah air dan bangsa itulah yang mendorong mereka rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Pada saat sekarang meskipun kita tidak lagi mengangkat senjata untuk melawan penjajah, sikap patriotisme tetap dapat kita terapkan dalam kehidupan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar. Artinya, setiap kita, baik dalam lingkungan rumah tangga, sekolah, maupun masyarakat dapat berbuat sesuatu secara patriotik, seperti membela nama baik keluarga, nama baik dan keselamatan sekolah, atau membela masyarakat sekitar kita.
Sumber Pustaka: Yudhistira