Ikhlas Akan Mendatangkan Ketenangan dan Ketenteraman Jiwa

Ikhlas Akan Mendatangkan Ketenangan Dan Ketenteraman Jiwa


Dalam kehidupan modern semakin banyak tuntutan yang perlu dipenuhi oleh masyarakat sehingga kebutuhan hidup semakin meningkat pula. Kebutuhan hidup yang sebelumnya bersifat sekunder berubah menjadi kebutuhan primer. Peningkatan dalam kebutuhan akan mengakibatkan timbulnya persaingan dalam hidup yang telah membawa manusia kepada ketidakpastian dan kegelisahan. Kegelisahan dan ketidakpastian inilah yang akan mempengaruhi struktur sosial dan ekonomi suatu masyarakat. Untuk menghindari kegelisahandan ketidakpastian, orang hams ikhlas. Amal yang ikhlas akan melahirkan ketenangan dan ketenteraman serta mendatangkan kebahagiaan.

Orang yang ikhlas dalam beramal senantiasa bermuara pada keridaan Allah sehingga ia tidak terpengaruh pada hasil pekerjaan tersebut. Bagaimanapun hasil perbuatan yang ia lakukan, sukses atau gagal, semua diserahkan kepada Allah. Ia tawakal dan ikhlas menerimanya. Apabila orang melakukan amal perbuatan secara tidak ikhlas, ia senantiasa terpengaruh pada lingkungannya. Hal mi membuat manusia dalam beramal selalu ingin dipuji dan takut dicela. Kecenderungan mi menempatkan manusia dalam posisi yang tidak stabil, gelisah, dan stres, bahkan dapat mengakibatkan frustasi.



Kegagalan manusia dalam melakukan persaingan hidup menimbulkan perasaan putus asa dan frustasi, padahal frustasi itu akan membawa akibat buruk dan dapat menimbulkan penyakit. Demikian juga putus asa merupakan suatu dosa, bahkan dapat mengantarkan manusia kepada kekufuran sebagaimana firman Allah swt. berikut.

Artinya: “Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. “ (Q.S. Yusuf:87)

Prof. Dr. Zakiah Daradjat menyatakan bahwa penyakit terbesar yang banyak diderita masyarakat modern adalah stres dan frustasi. Frustasi menurut Prof. Dr. Rudy Syarif akan memperburuk tubuh manusia, seperti terkena eksim pada kulit, radang pada ginjal, penyakitjantung, kanker, dan asma, yang dikenal sebagai psikosomatik. Hal ini semua adalah akibat dan ama! yang tidak ikhlas.
Sumber Pustaka: Yudhistira