Loading...

Kebudayaan Sebagai Pedoman Hidup Dalam Sosiologi

Loading...

Kebudayaan Sebagai Pedoman Hidup Dalam Sosiologi


Secara umum, fungsi kebudayaan adalah sebagai pedoman hidup dan pengarah bagi manusia, sehingga ia menert1Eaimanaharus bersikap berperiiaku, dan bertindak baik secara individu maupun kelompok. Pedoman hidup yang dimaksud di sini adalah cara-cara manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya baik kebutuhan dasakebutuhan sosial, maupun kebutuhan psikologi dengan berpedoman kepadakebudayaan yang sudah ada. Akan berakibat buruk jika dalam hidup bermasyarakat manusia tidak berpedoman kepada kebudayaan, karena akan menimbulkan keguncangan-keguncangan sosial.


Perwujudan keguncangan sosial adalah pertentangan-pertentangan, persaingan tidak sehat, saling mementingkan din sendiri, mengganggu ketenteraman orang lain, dan sebagainya. Untuk menghindari hal-hal yang berakibat buruk, manusia hams berpedoman kepada norma, nilai, pranata, dan pedoman lainnya, yaitu aturan-aturanlkebiasaan yang berlaku di masyarakat.

Manusia sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang banyak jumlahnya dan harus terpenuhi untuk melangsungkan hidupnya dan untuk hidup dengan baik.

Sumber Pustaka: Bumi Aksara
Loading...