Loading...

Kerja Sama Interaksi Sosial Yang Bersifat Asosiatif Dalam Sosiologi

Loading...

Kerja Sama Interaksi Sosial yang Bersifat Asosiatif Dalam Sosiologi


Kerja sama dan konflik sosial adalah dua macam bentuk interaksi sosial yang bersifat sangat berlawanan. Semua garis besar interaksi social dapat kita kiasifikasikan dalam dua hal, yaitu interaksi sosial yang bersifat asosiatif dan interaksi sosial yang bersifat disosiatif.

Interaksi Sosial yang Bersifat Asosiatif

Interaksi sosial yang bersifat asosiatif mengarah kepada bentukb entuk kerja sama seperti kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi.



Kerja Sama

Kerja sama ialah bentuk utama dan proses interaksi sosial. karena pada dasamya individu atau kelompok melaksanakan interaksi sosial untuk memenuhi kebutuhan bersama. Kerja sama akan berkembang apabila menghadapi situasi tertentu, seperti:
  1. tantangan alam yang ganas;
  2. pekerjaan yang membutuhkan tenaga massal;
  3. upacara keagamaan yang sakral;
  4. musuh yang datang dan luar.

Pada masyarakat pedesaan, terdapat bermacam-macam kerja sama, yang lebih dikenal dengan istilah gotong royong. Untuk masyarakat Jawa, gotong royong disebut gugur gunung, misalnya, dalam mengerjakan sawah, membuat rumah, memperbaiki jalan, dan saluran-saluran air. Dalam masyarakat Sunda disebut sambat-sinambat, dalam masyarakat Bali disebut subak, dalam masyarakat Batak Toba disebut marsiurupan, dalam masyarakat Batak Karo disebut raron, dalam masyarakat Sulawesi Utara disebut mapalus, dalam masyarakat Nias disebut haloto sato, dan dalarn masyarakat Ambon disebut masohi. Bentuk kerja sama meliputi bargaining, cooptation, coalition, dan joint venture. Bargaining, yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua organisasi atau Iebih.

Cooptation, yaitu penerimaan unsur-unsur baru dalam masyarakat dalam kepemimpinan dan suatu organisasi untuk menghindari terjadinya kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan. Coalition, yaitu gabungan antara dua organisasi atau Jebih yang mempunyai tujuan yang sama, Joint venture, yaitu kerja sama dalam usaha proyek-proyek tertentu.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara
Loading...