Makna Sumpah Pemuda Dalam Cinta Tanah Air

Makna Sumpah Pemuda


Sumpah Pemuda merupakan cerminan dan tekaçl dan ikrar para pemuda, pelajar, dan mahasiswa untuk mengejawantahkan persatuan dan kesatuan. Mereka tidak membedakan latar belakang geografis, suku bangsa, dan organisasi karena tekad mereka hanyalah bersatu untuk merebut kemerdekaan. Hasil tekad dan ikrar para pemuda adalah pernyataan Sumpah Pemuda yang berbunyi sebagai berikut.
  1. Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami putra putri Indonesia mengaku berbangsi yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.



Ketiga keputusan mi dipatuhi oleh semua perkumpulan kebangsaan Indonesia. Keyakinan akan persatuan Indonesia diperkuat dengan dasar-dasar, seperti kemauan bersama, latar belakang sejarah, keberagaman bahasa, hukum adat, dan pendidikan. Jadi, makna Sumpah Pemuda mi menjadi tonggak penegas yang sangat penting dalam sejarah. Dengan adanya Sumpah Pemuda, ditetapkan beberapa identitas nasional yang menjadi modal dalam perjuangan kemerdekaan.

Sumpah Pemuda membangkitkan kesadaran kita sebagai satu tanah air, satu bangsa, dan bahasa, yakni Indonesia. Ketiganya, bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kita wajib menjunjung tinggi persatuan Indonesia berdasarkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika.
Sumber Pustaka: Yudhistira