Media Sosialisasi Lingkungan Kerja Dalam Pembentukan Kepribadian

Media Sosialisasi Lingkungan Kerja Dalam Pembentukan Kepribadian


Lingkungan kerja juga mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seseorang. Di lingkungan kerja seseorang akan berinteraksi dengan teman sekerja, dengan pimpinan, dan dengan relasi bisnis. Dal├ám proses interaksi akan terjadi proses saling mempengaruhi. Pengaruh-pengaruh itu akan menjadi bagian dan dirinya. Pengaruh dan lingkungan kerja pada umumnya mengendap dalam din seseorang dan sukar sekali mengubahnya apabila seseorang telah lama bekerja di lingkungan kerja tertentu, kemudian pindah ke Iingkungan kerja lain, ia akan mengalami kesulitan untuk men’esuaikan din terhadap lingkungan kerja yang baru tersebut.

Lingkungan kerja tertentu seringkali menimbulkan konflik batin, antara lain kedinasan yang harus diutamakan tidak selalu identik dengan nilai karier. Kecenderungan dewasa ini adalah bahwa kedinasanlah yang menentukanjenjang karir seseorang, sehingga kepentingan dinas mendapat prioritas pertama. Tugas-tugas itu sering mengurangi peran orang tua dalam rangka pendidikan anak.



Suami dan istri yang bekerja di tempat yang pola kehidupannya bertentangan, akan membentuk kepribadian yang bertentangan pula. Kepribadian itu akan berpengaruh buruk pada pendidikan anak. Anak akan menjadi kebingungan terhadap pola pendidikan mana yang akan diikutinya. Pola ayah ataukah pola ibu? Dalam kasus seperti itu suami istri, selaku orang tua yang bijaksana, harus melakukan penyesuaian-penyesuaian demi keserasian pola pendidikan anak.

Seseorang yang karirnya melambung tinggi tidak akan bermanfaat jika keadaan keluarganya tidak tenteram. Oleh karena itu, di Iingkungan kerja tertentu seseorang harus lebih banyak berpikir mengenai akibata kibatnya, terutama bagi keluarganya, dan khususnya bagi pendidikan anaknya.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara