Memahami Kewaspadaan Nasional

Memahami Kewaspadaan Nasional


Kewaspadaan nasional adalah sikap mental bangsa yang selalu siap dan tidak lengah dalam menghadapi berbagai ancaman yang berupaya mengkhianati Pancasila dan UUD 1945. Waspada adalah suatu sikap hati-hati dan tidak lengah terhadap berbagai ancanian dan bahaya yang dapat menimpa seseorang. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan. bernegara, sikap waspada menjadi amat penting menghadapi berbagai macam bahaya yang mungkin dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.


Bangsa Indonesia harus mampu menjaga kewaspadaan nasional untuk menangkal segala hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan, baik dan dalam maupun dan luar sehingga kita dapat terhindar dan terulangnya kembali peristiwa G3OS/PKI dan peristiwa lain yang mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara. Sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara, Pancasila harus menjadi landasan yang kukuh untuk menyatukan bangsa Indonesia.

Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat kita harus menyadari bahwa wilayah Indonesia terletak pada posisi silang dunia, yaitu antara benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Indonesia dan Samudra Pasifik. Kedudukan geografis Indonesia yang seperti mi tidak hanya mempunyai arti yang positif, tetapi juga negatif. Selain kedudukan geografis yang strategis, bangsa Indonesia juga mempunyai kekayaan alam dan sumber daya manusia yang cukup. Hal mi merupakan faktor yang amat menguntungkan bagi bangsa Indonesia.
Sumber Pustaka: Yudhistira