Nilai Patriotisme Dengan Hankamnas Dalam Patriotisme

Nilai Patriotisme Dengan Hankamnas


Dengan mendalami makna patriotisme, kita akan dapat mengambil nilai-nilai yang ada di dalamnya. Semangat bersedia dengan ikhlas han membenikan segala sesuatu yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya demi kepentingan bangsa dan negara merupakan salah satu nhlai patriotism yang perlu kita pegang teguh. ini berarti apabila negara themanggil sewaktu-waktu, kita tanpa berat hati akan memenuhinya dengan baik. Panggilan itu bisa untuk kepentingan ekonomi, sosial, kebudayaan, politik, pertahanan keamanan, dan lain-lain. Khususnya dengan jiwa patriotisme niscaya akan dapat meningkatkan kemampuan kita dalam Hankamnas.

Pengertian pertahanan keamanan nasional (Hankamnas)

Hankamnas merupakan salah satu fungsi utama pemerintahan negara dalam rangka menegakkan ketahanan nasional untuk mencapai keamanan bangsa dan negara serta perjuangan nasional. Tujuan Hankamnas adalah menjamin tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan segala ancaman, gangguan, dan hambatan, baik yang datang dan luar maupun dan dalam demi tercapainya tujuan nasional.



Hankamnas dan Hankamrata

Fungsi pertahanan dan keamanan ialah tercapainya keamanan bangsa dan negara dalam rangka ketahanan nasional berlandaskan Pancasila, baik dalam aspek nasional maupun internasional. Untuk pelaksanaannya, semua itu didasarkan atas Pasal 30 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.” Kita tahu bahwa ruang lingkup Hankamnas meliputi seluruh bidang kehidupan negara. Oleh karena itu, mengingat bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara, maka sudah semestinya jika seluruh rakyat dan seluruh potensi nasional dikerahkan untuk usaha tersebut.

Dalam menyelenggarakan Hankamnas kita menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Hankamrata), yaitu sistem pertahanan dan keamanan yang bersifat semesta. Maknanya, seluruh kekuatan nasional secara total dan integral dengan militer sebagai unsur utamanya berupaya terus-menerus mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjamin keutuhan bangsa, dan mengamankan segala usaha untuk mencapai tujuan nasional Indonesia.

Potensi rakyat yang merupakan pangkal kekuatan Hankamnas harus disusun sedemikian rupa sehingga merupakan komponen yang efektif dan efisien dengan ditopang komponen inti TNT dan Poiri yang tangguh. Untuk menyusun komponen pendukung dibentuk perlawanan rakyat (Wanra), keamanan rakyat (Kamra), dan pertahanan sipil (Hansip) yang merupakan hak dan penuaian kewajiban rakyat untuk ikut serta dalam usaha pembelaan negara di dalam sistem Hankamrata. Dengan demikian, masalah Hankamnas bukan hanya persoalan dan tanggung jawab TNT dan Poiri, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Untuk mensukseskan itu semua jiwa patriotisme dan nasionalisme sangat diperlukan.
Sumber Pustaka: Yudhistira