Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan Pada Contoh Pasar

Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan


Dalam pokok bahasan ini ada dua istilah yang penlu dipahami lebih dahulu, yaitu pengusaha dan wirausaha (entrepreneur). Pengusaha adalah orang yang menjalankan usaha jual-beli atau memproduksi barang/jasa dengan tujuan mencani laba. Dalam hal ini kalau usahanya rugi maka pengusahalah yang menanggung risikonya.

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu melihat peluang, mencani sumber dana dan daya untuk memanfaatkan peluang tersebut serta berani menanggung risiko atas pelaksanaannya. Seorang wirausaha pasti merupakan pengusaha, tetapi seorang pengusaha belum tentu merupakan wirausaha.



Sehubungan dengan pengertian wirausaha seperti di atas, ada pengusaha besar yang mengangkat orang yang memiliki sifat kewirausahaan (enterpreneurship) untuk memimpin usahanya.

Selanjutnya, orang yang mempunyai sifat kewirausahaan dan berstatus sebagai pemimpin usaha disebut manajer profesional. Manajer semacam itu tidak termasuk dalam pengertian pengusaha, melainkan merupakan unsur sumber daya manusia yang bekerja dengan mendapatkan imbalan upah kerja. Lalu apakah imbalan atas lelah para pengusaha? Pada hakikatnya laba yang dicapai oleh perusahaan menggambarkan kesuksesan pengusaha atau hasil jenih payah pengusaha. Karena itu, laba perusahaan dapat dianggap sebagai laba pengusaha.
Sumber Pustaka: Yudhistira