Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition) Dan Cirinya Pada Struktur Pasar Ilmu Ekonomi

Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition) Pada Struktur Pasar Ilmu Ekonomi



Struktur pasar adalah keadaan penting suatu pasar, misalnya jumlah perusahaan, keseragaman produkuk antarperusahaan, kemudahan keluar-masuk pasar, dan bentuk persaingan.

Struktur pasar dapat dibagi menjadi persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna. Apa dasar pembagian mi? Dasarnya adalah unsur-unsur yang terdapat di suatu pasar. Jika dalam suatu pasar jumlah perusahaan banyak, produk homogen keluar-masuk sangat mudah, maka pasar tersebut adalah pasar persaingan sempurna. Jika salah satu ciri penting tersebut tidak terpenuhi pasar tersebut mungkin akan menjadi monopoli atau pasar persaingan tidak sempurna.



Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition)

Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permitaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas

Ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna

  • Banyak penjual (perusahaan) dan pembeli
Dalam pasar persaingan sempurna pengaruh individual (per perusahaan) terhadap penentuan harga relatif kecil. Dengan demikian, penjual individu tidak mempunyai pengaruh terhadap harga penjualan mereka karena harga tersebut ditentukan oleh kondisi permintaan dan penawaran.
  • Produk-produk homogen (serba sama)
Dalam sebuah pasar persaingan sempurna, produk yang ditawarkan oleh para penjual yang saling bersaing adalah identik. Artinya, produk tersebut secara fisik sama dan menurut anggapan konsumen semua produk tersebut serba sama antara satu dengan yang lainnya.
  • Pasar yang bebas dimasuki dan ditinggalkan
Oleh karena seorang produsen/penjual hanya menghasilkan sebagian kecil saja dan barang/jasa yang ditawarkan, maka produsen dapat saja meninggalkan pasar dengan mudah atau memasukinya kembali.
  • Konsumen mengetahui kondisi pasar
Kondisi pasar diketahui oleh konsumen sangat baik sehingga konsumen tidak akan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kondisi pasar tersebut.
  • Faktor-faktor produksi bergerak bebas
Faktor-faktor produksi dalam pasar persaingan sempurna dapat bergerak dengan bebas karena banyaknya jumlah penjual produsen.
  • Tidak ada campuran tangan pemerintah
Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran sehingga pemerintah tak dapat campur tangan dalam menentukan harga tersebut.
Sumber Pustaka: Yudhistira