Pasar Persaingan Tidak Sempurna Dalam Struktur Pasar

Pasar Persaingan Tidak Sempurna Dalam Struktur Pasar


Bagaimana dengan pasar persaingan tidak sempurna, seperti monopoli, pasar persaingan monopolistik, serta oligopoli? Apakab jenis-jenis pasar mi juga memiliki kebaikan dan keburukannya bila dikaitkan dengan keadaan di Indonesia?

Pasar monopoli di mana hanya ada satu perusahaan yang menguasai pasar, masih diperlukan di Indonesia namun hanya untuk sektor-sektor yang penting bagi rakyat banyak, dan monopoli mi harus dilakukan oleh pemerintah dengan diawasi oleh DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat. Sementara itu, pasar persaingan monopolistik yang memiliki ciri-ciri yang mirip dengan pasar persaingan sempurna tentu masih dibutuhkan di Indonesia, walau demikian pemerintah harus berani mengeluarkan kebijakan ekonomi yang semakin memperluas kesempatan para pelaku ekonomi untuk ikut serta dalam sectors ektor ekonomi yang masih didominasi oleh para pelaku ekonomi dalam pasar jenis ini.



Begitu pula dengan pasar oligopoli, sepanjang tidak merugikan atau justru mematikan pelaku-pelaku ekonomi Iainnya yang menghasilkan produk sejenis, pasar oligopoli masih diperlukan di Indonesia, karena dalam jangka waktu tertentu para pelaku ekonomi dalam pasar mi dapat memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi pembangunan Indonesia. Namun tentu saja pemerintah harus terus mengawasi para produsen yang ada dalam pasar mi agar para pelaku ekonomi Iainnya terutama Usaha dan Kecil Menengah (UKM) tidak malah tersisih karena adanya persaingan yang tidak sehat dengan mereka. Pemerintah pun harus mendorong para pelaku ekonomi dalam pasar oligopoli untuk mentransfer keahlian dan kemajuan teknologi usaha mereka kepada para pelaku ekonomi di sektor UKM.
Sumber Pustaka: Erlangga