Pasar Sumber Daya Alam Atau Tanah Pada Contoh Pasar Faktor Produksi

Pasar Sumber Daya Alam Atau Tanah Pada Contoh Pasar Faktor Produksi


Untuk memproduksi barang diperlukan sumber daya alam, yang meliputi seluruh yang ada di alam terutama di dalam, di lapisan dan di permukaan tanah. Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, yang dimaksud dengan pasar sumber daya alam pada hakikatnya terbatas pada permintaan dan penawaran tanah untuk keperluan produksi.

Kebutuhan tanah sebagai faktor produksi (input perusahaan) dapat diperoleh dan tanah negara melalui
permohonan hak guna usaha. Apabila hal itu tidak dimungkinkan, kebutuhan tanah dapat dibeli atau di sewa, baik dan tanah hak milik atau hak guna usaha pihak lain. Biasanya tanah hak milik perorangan yang dibeli oleh perusahaan untuk menjalankan usaha, statusnya akan berubah menjadi hak guna usaha.

Tanah dalam masyarakat jumlahnya terbatas dan tidak dapat ditambah. Dengan demikian penawaran tanah bersifat tidak elastis sempurna dan pembentukan harganya dapat digambarkan dengan grafik sebagai berikut.



Dalam gambar di atas, kurva penawaran tanah yang bersifat tidak elastis sempurna membentuk ganis vertikal SS. Dalam keadaan normal, kurva permintaan

DD memotong garis SS yang berarti membentuk harga keseimbangan P. Jika permintaan naik, maka kurva permintaan akan bergeser ke kanan, memotong garis SS pada titik R1, akibatnya harga keseimbangan naik menjadi P1. Sebaliknya, waktu permintaan turun kurva permintaan bergeser ke kin, memotong garis SS pada titik R2, akibatnya harga keseimbangan turun menjadi P2.
Sumber Pustaka: Yudhistira