Pemerataan Pembangunan Untuk Masalah Ekonomi Indonesia Dalam Pembangunan Nasional

Pemerataan Pembangunan Untuk Masalah Ekonomi Indonesia


Pembangunan daerah dan pembangunan pedesaan perlu ebih digiatkan dengan tujuan semakin meratanya pembangunan ke seluruh wilayah Indonesia, dengan Iebih diarahkan pada perluasan kesempatan kerja, pembinaan pengembangan ingkungan pemukiman pedesaan dan perkotaan, serta peningkatan kemampuan penduduk untuk memanfaatkan sumbers umber daya alam. Pembangunan prasarana ekonomi dan sosial perlu dibuat lebih merata ke seluruh wilayah tanah air. 



Perhatian khusus perlu diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang mempunyai mata pencarian dengan penghasilan rendah seperti buruh tani, petani penggarap yang tidak memiliki lahan, petani pemilik lahan yang sempit, nelayan, dan pengrajin. Pembinaan dunia usaha dilakukan terhadap koperasi dengan penyediaan dana perkreditan untuk pengusaha kecil dan golongan ekonomi lemah. Perlu ditekankan juga pentingnya penggunaan teknologi tepat guna dalam usaha menaptakan kesempatan kerja.

Kebijakan pemerintah untuk mencegah melebarnya jurang pemisah antara yang kaya dengan yang miskin dilakukan dengan delapan jalur pemerataan yang terdiri atas:
  1. pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat banyak khususnya pangan, sandang dan perumahan
  2. per rtaankesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan;
  3. pemerataan pembagian pendapatan;
  4. pemerataan kesempatan kerja;
  5. pemerataan kesempatan berusaha;
  6. pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita;
  7. pemerataan penyebaran pembangunan ke seluruh wilayah tanah air;
  8. pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.

Dan delapan jalur pemerataan itu dapat dilihat bahwa pembangunan di Indonesia tidak lagi ditekankan pada pertumbuhan ekonomi semata-mata, tetapi juga pada pemerataan kesempatan kerja serta pemerataan hasil-hasil pembangunan ke segala lapisan rakyat. Pemerataan bukan hanya di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang lainnya.
Sumber Pustaka: Erlangga