Penerapan Prinsip Persamaan Derajat

Penerapan Prinsip Persamaan Derajat


Bangsa Indonesia dikenal memiliki budaya yang beranekaragam. Bangsa Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang ramah tamah. Oleh karena itu, sikap tenggang rasa dalam melakukan tindakan dan perbuatan, baik di dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa merupakan sebuah keharusan. Di dalam keluarga, kita hendaknya memahami kedudukan kita sebagai anggota keluarga. Pada pihak lain, orang tua dituntut tuk selalu menciptakan kehidupan keluarga yang baik, yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan norma bangsa. Dengan kata lain, keterpaduan tugas dan kewajiban anggota keluarga mesti selaras dan sesuai dengan tuntunan agama.

Di dalam kehidupan masyarakat, kita hendaknya menyadari bahwa keberagaman itu merupakan ciri bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita mestinya dapat menyesuaikan din demi terciptanya masyarakat yang baik, teratur, aman, dan tenteram. Keberagaman bukanlah untuk menonjolkan perbedaan, tetapi justru harus menjadi perekat bagi bersatunya masyarakat yang Bhinneka Tunggal Ika.



Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah hendaknya menerapkan prinsip persamaan derajat, harkat, dan martabat manusia untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pelayanan dan perlakuan terhadap masyarakat yang beragam harus selalu dengan pertimbangan yang bersifat kemanusiaan. Kita harus menyadari bahwa bangsa Indonesia merupakan bagian dan masyarakat bangsa-bangsa di dunia. Kemampuan untuk menempatkan din di antara masyarakat dunia merupakan penentu keberhasilan dalam mewujudkan cita-cita nasional sehingga bangsa Indones ia tidak bergantung kepada negara lain. Meskipun demikian, bangsa Indonesia wajib menjalin hubungan dengan bangsa-bangsa lain atas dasar persamaan derajat sebagai bangsa yang merdeka demi terwujudnya perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Sumber Pustaka: Yudhistira