Contoh Pengeluaran Untuk Konsumsi Pada Prilaku Konsumen

Pengeluaran Untuk Konsumsi Pada Prilaku Konsumen


Besar-kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen (perilaku konsumen) tergantung dan faktor-faktor sebagai berikut.

Selera (taste)

Selera adalah keinginan yang muncul dan dalam hati seseorang karena adanya daya tariklrangsangan terhadap sesuatu barang atau jasa dan sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen. Jika selera rendah maka konsumsipun rendah dan demikian keadaan sebaliknyajika selera tinggi jumlah konsumsipun akan tinggi pula.

Tingkat pendapatan

Besar-kecilnya tingkat pendapatan yang diterima oleh seseorang juga sangat berpengaruh terhadap besar-kecilnya pengeluaran untuk konsumsi.



Kebiasan dan sikap hidup

Hal ini menyangkut perilaku yang sering muncul dan dilakukan oleh konsumen, misalnya hidup hemat atau sebaliknya hidup senang atau boros.

Ligkungan tempat tinggal

Mahusia hidup selalu beradaptasi atau dipengaruhi oleh keadaan lingkungannya sehingga pola konsumsipun dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

Alat distribusi

Pengadaan jumlah barang di suatu tempat tergantung dan alat distribusi yang digunakan. Semakin baik alat transportasi yang digunakan dan semakin besar pula pengeluaran yang digunakan untuk konsumsi.

Menurut Engel, semakin besar pendapatan seseorang semakin kecil bagian pendapatannya yang digunakan untuk konsumsi, dan sebaliknya semakin kecil pendapatan semakin besar bagian pendapatan yang dipakai untuk konsumsi. Pernyataan tersebut dapat dijelaskan dengan peraga berikut ini.



Berdasarkan peraga di atas, tampak bahwa semakin besar pendapatan semakin kecil bagian pendapatan yang dipakai konsumsi.
 Sumber Pustaka: yudhistira