Pengertian Ikhlas Dalam Islam

Pengertian Ikhlas Dalam Islam


Orang yang ikhlas adalah orang yang nat beribadah atau beramalnya semata-mata karena ketulusan dan murni mencari rida Allah. Dia beramal tidak bercampur dengan motif lainnya, seperti ingin dipuji ataupun mencari popularitas. Seseorang yang beramal berdasarkan nilai ikhlas, maka Allah akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda.

Pengertian Ikhlas

Menurut bahasa, ikhias artinya tulus hati atau hati yang bersih. Menunit istilah, ikhlas artinya melakukan sesuatu pekerjaan atau perbuatan dengan tulus hati dan semata-mata mengharap rida Allah swt. sebagaimana firman Allah swt. berikut.



Yang artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus. Dan supaya mendirikan salat dan menunaikan zakat, yang demikian itulah agama yang lurus. “ (Q.S. Al Bayyinah:5)

Apabila dalam beramal ada satu motif lain yang melandasi pekerjaan tersebut dan bukan karena Allah, maka ama! tersebut berarti sudah bercampur (isyrah) sehingga yang terjadi adalah ria, sombong, angkuh, dan sebagainya. Akan tetapi, apabila amal perbuatan manusia dilandasi fiat yang tulus semata-mata karena Allah, maka baiklah amalnya dan menjadi ama! yang saleh (ikhlas) sebagaimana sabda Rasulullah saw. berikut.

Yang artinya: “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung niatnya dan bahwasanya tiap-tiap orang tergantung apa yang ia niatkan. “ (H.R. Bukhari dan Muslim)
 Sumber Pustaka: Yudhistira