Pengertian Pasar Dan Fungsinya Dalam Ilmu Ekonomi

Pengertian Pasar Dan Fungsinya Dalam Ilmu Ekonomi


Pernahkah Anda memanfaatkan pasar? Seringkali kita melihat orang atau pedagang pergi ke pasar. Pasar manakah yang dimaksud? Apa yang Anda peroleh dari pasar?

Pasar sebagaimana yang kita ketahui adalah tempat konsumen memperoleh barang atau jasa. Di pasar dapat Anda temukan cukup banyak produsen menawarkan barang atau jasa. Anda pergi ke pasar tentu dengan tujuan ingin memperoleh barang atau jasa agar kebutuhan Anda terpenuhi. Dengan demikian dalam pandangan produsen pasar adalah tempat untuk menawarkan produk, Saik berupa barang maupun jasa. Namun, dari.segi konsumen, pasar diartikan berbeda. Menurut konsumen pasar adalah tempat diperolehnya berbagai barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. Dengan demikian, bila disimpulkanpasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual.



Fungsi Pasar Dalam Ilmu Ekonomi

  • Sebagai penentu nilal
  • Organisasi produksi
  • Distribusi produk
Dan definisi di atas dapat kita temukan fungsi pasar. Sebagaimana Anda ketahui penjual berinteraksi dengan pembeli untuk membentuk harga jual yang disepakati bersania. Dengan demikian pasar berfungsi untuk menentukan nilai. Misalnya, harga yang disetujui oleh pembeli dan penjual untuk sepasang sepatuAdidas adalah Rp350.000,00, untuk satu kilogram jeruk Medan Rp 8.500,00, dan lain-lain.

Fungsi berikutnya dan pasar adalah mengorganisasikan produksi. Artinya, barang atau jasa yang masuk ke pasar haruslah menempuh proses produksi yang paling efisien agar bisa bersaing dan mendapatkan keuntungan.

Terakhir, fungsi pasar adalah mendistribusikan produk. Produk yang dihasilkan dapat diperoleh di pasar. Bila Anda menginginkan hand phone Sony Ericsson yang baru, Anda akan datang ke toko-toko yang menjual barang tersebut karena di sanalah hand phone tersebut dapat Anda temukan.