Pengertian Pembangunan Nasional Dan Tujuannya

Pengertian Pembangunan Nasional Dan Tujuannya


Pembangunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Pembangunan nasional dilakukan untuk melaksanakan tugas mewujudkan tujuan nasional yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, meningkatkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pembangunan nasional adalah pembangunan dari, oleh, dan untuk masyarakat, dan sasarannya meliputi seluruh bidang kehidupan, seperti bidang ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan sebagainya. Pembangunan nasional dilaksanakan sebagai perwujudan Wawasan Nusantara serta untuk memperkukuh ketahanan nasional. Pembangunan nasional bertujuan mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib dan dinamis dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib dan damai.



Untuk memberikan arah dalam usaha mewujudkan cita-cita bangsa tersebut, MPR sebagai lembaga tinggi negara telah menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara. GBHN yang telah ditetapkan oleh MPR adalah GBHN 1973, 1978, 1983, 1988 dan 1993 yang telah menjadi landasan pembangunan nasional selama PJPT I pada masa pemerintahan Orde Baru.

Sedangkan GBHN yang menjadi landasan pembangunan nasional dewasa ini adalah GBHN 1999—2004. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas pola dan tahapan pembangunan yang dilaksanakan pada masa Orde Baru berikut berbagai hasil yang telah diperolehnya. Selanjutnya, kita juga akan membahas program pembangunan yang sedang dan akan dijalankan oleh pemerintahan saat ini.
Sumber Pustaka: Erlangga