Pentingnya Mendahulukan Kepentingan Umum Di Atas Kepentingan Pribadi Atau Golongan

Pentingnya Mendahulukan Kepentingan Umum Di Atas Kepentingan Pribadi Atau Golongan


Pancasila mengajarkan agar pemimpin dapat berlaku adil kepada yang dipimpinnya dan tidak pilih kasih. Sebaliknya, orang yang dipimpin pun harus dapat berlaku adil terhadap pemimpinnya, yaitu taat. Selanjutnya, masing-masing orang harus berbuat adil terhadap sesamanya. Hubungan semacam mi harus dapat diciptakan di dalam keluarga, sekolah, kantor, organisasi masyarakat, dan bahkan negara. Moral Pancasila mengajarkan betapa pentingnya hak asasi dan kewajiban asasi manusia. Ciri-ciri semacam inilah yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

Pasal-pasal UUD 1945 memuat pelaksanaan ajaran ideologi Pancasila, seperti
  1. ciri ketuhanan terdapat dalam Pasal 29,
  2. ciri kemanusiaan tercantum dalam Pasal 14 dan 27,
  3. ciri persatuan tercantum dalam Pasal 1 Ayat (1), Pasal 31 Ayat (1), Pasal 32, Pasal 35, dan Pasal 36,
  4. ciri kerakyatan tercantum dalam Pasal 1 Ayat (2), Pasal 2 Ayat (1), (2), (3), Pasal 5 Ayat (1), (2), Pasal 20 Ayat (1), Pasal 30 Ayat (1), serta
  5. ciri keadilan termuat dalam Pasal 33 dan 34.



Seperti telah banyak dipaparkan manusia terdiri atas jasmani dan rohani serta berkedudukan sebagai mahkluk individu dan sosial. Pada hakikatnya manusia menginginkan agar unsur-unsur tersebut mendapat perlakuan yang seimbang agar ia dapat berfungsi sebagai makhluk manusia. Tidak mungkin jika orang hanya mementingkan pribadi tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat sama sekali, demikian pula sebaliknya. Agar terwujud keharmonisan yang berdasar keadilan, seyogyanya kita mampu bersikap mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi yang berarti pula kita harus benar-benar bersikap menghargai orang lain. Sikap-sikap untuk memperhatikan kepentingan umum itu bisa dilakukan di berbagai lingkungan, seperti sekolah, masyarakat, dan negara.

Lingkungan sekolah

Guru menghargai aktivitas siswa didik dalam memperindah taman sekolah, ruang kelas, dan lingkungansekolah. Penghargaan guru terhadap kreativitas dan aktivitas siswa didik dapat berupa pujian, ucapan terima kasih, atau penghargaan lain.

Lingkungan mosyarakat

Para petugas pembersih lingkungan telah bekerja keras untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Anggota masyarakat harus menghargai hasil karya orang lain dengan jalan turut menjaga kebersihan tersebut. Buanglah sampah pada tempatnya; jangan membuang sampah ke sungai karena dapat berakibat banjir.

Lingkungan bernegara

Setiap anggota masyarakat yang menaati peraturan pada hakikatnya masyarakat tersebut berkehendak untuk selalu menghormati dan menghargai orang lain. Apakah aturan itu berupa tanda-tanda lalu lintas atau norma, semua anggota masyarakat wajib taat kepada tatanan tersebut.
Sumber Pustaka: Yudhistira