Sejarah Perkembagan Koperasi Di Denmark Dan Amerika Serikat

Sejarah Perkembagan Koperasi Di Denmark Dan Amerika Serikat


Denmark adalah salah satu negara yang dapat menjadi contoh yang baik dalam menyelenggarakan koperasi. Denmark telah mencapai kemajuan yang mengagumkan dalam berkopenasi yang oleh Dr. Moh. Hatta disebut sebagai Repub/ik Koperasi, walaupun negara tersebut merupakan kerajaan.

Penkumpulan koperasi yang pertama didirikan di Thisted (Jutland) oleh Pastor Sonne dan Dr. U/rich. Koperasi tersebut telah menyatukan usahau saha pertanian yang berskala kecil sedemikian rupa sehingga baik dalam cara produksi maupun dalam pengolahan hasil produksi dilaksanakan dengan baik.

Sampai tahun 1952, jumlah anggota koperasi di Denmark mencapai 1 juta orang yang terdiri dan Iebih kurang 30% penduduk seluruh negeri. Perkembangan koperasi yang pesat itu terjadi berkat pendidikan rakyat yang maju. Untuk memajukan pendidikan rakyat didirikan Sekolah Tinggi Rakyat, di mana rakyat dapat menimba ilmu pengetahuan dengan cara yang praktis dan mudah. Seperempat hingga sepertiga dan penduduk pedesaan pernah bersekolah di perguruan itu.



Amerika Serikat

Koperasi pertama yang tumbuh di Amerika Serikat berdiri pada tahun 1752 atas prakarsa Benjamin Franklin yang mendirikan Philadelphia Contributionship for The Insurance of The House from Loss by Fire. Bersamaan dengan berdirinya koperasi pertama juga berdiri pengairan bersaman yang merupakan sistem irigasi untuk pertanian mereka. Selain itu, sekitar tahun 1847 di Connecticut dibangun koperasi peternakan susu.

Pada awal tahun 1880 mulai terjadi pertumbuhan yang pesat dan perkumpulan-perkumpulan koperasi petani gandum, persatuan petani sayur dan buah-buahan, produsen wool dan persatuan peternak susu. Petani-petani dalam perkumpulan ni percaya bahwa dengan melakukan pemasaran bersama mereka akan mendapat harga jual yang Iebih pantas. Lebih dan 2.600 perkumpulan koperasi berdiri antara tahun 1863-1939.
Sumber Pustaka: Erlangga