Sumber Daya Kewirausahaan (Enterprise) Dalam Faktor Produksi

Sumber Daya Kewirausahaan (Enterprise) Dalam Faktor Produksi


Sumber daya mi disebut juga kewirausahaan. Pengusaha berperan mengatur dan mengkombinasikan faktor-faktor produksi dalam rangka meningkatkan kegunaan barang atau jasa secara efektif dan efisien. Caranya antara lain dengan memanfaatkan keterampilan para ahlinya dalam rangka mencapai tujuan organisasinya.

Organisasi ini dapat berupa pabrik, industri manufaktur, dan industri jasa. usaha yang berhasil adalah Pengusaha berkaitan dengan manajemen. Istilah manajemen menunjuk pada suatu proses merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan usaba-usaha semua pihak yang terlibat dalam organisasi serta menggunakan semua sumber daya organisasi lainnya agar tercapai basil yang maksimal.

Sebagai pemicu proses produksi, pengusaha perlu memiliki kemampuan yang dapat diandalkan. Untuk mengatur dan mengkombinasikan faktor-faktor produksi, pengusaha harus mempunyai kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan usaha.


Perencanaan

Kemampuan ini mencakup penetapan tujuan perusahaan, penentuan strategi perencanaan modal dan biaya usaha, dan perancangan kebijakan alternative

Pengorganisasian

Kemampuan mi mencakup penyusunan struktur organisasi dengan mengadakan pembagian tugas dan wewenang di antara orang-orang yang bekerja di dalamnya serta menata hubungan di antara mereka, termasuk tanggung jawab masing-masing.

Pengarahan

Kemampuan ini meliputi pengadaan dorongan atau motivasi dan bimbingan terhadap semua anggota organisasi agar melaksanakan tugas sesuai dengan tugas masing-masing serta meliputi pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan.

Pengendalian

Kemampuan ini berkaitan dengan prosedur pengukuran dan penilaian hasil pelaksanaan pekerjaan dan masing-masing anggota organisasi. Pengukuran dan penilaian itu harus selaras dengan rencana kerja dan tujuan perusahaan.
Sumber Pustaka: Erlangga