Sumber Daya Modal (Capital) Dalam Faktor Produksi

Sumber Daya Modal (Capital) Dalam Faktor Produksi


Sumber daya modal adalah semua alat-alat yang dipergunakan sebagai penunjang sekaligus peni,acu proses produksi. Kiasifikasi mudah dapat dilihat di bawah ini.

Modal Menurut Sifat

Pembedaan modal didasarkan pada corak pemakaiannya. Berdasarkan tolok ukur mi,
modal dapat dikelompokkan sebagai berikut.



Sebelum rata dengan tanah, gedung WTC adaah sumber daya modal yang cukup penting bagi kota New York.
  • Modal tetap
Modal tetap menunjuk pada modal yang dapat digunakan secara berulangulang. Misalnya gedung pabrik, mesin-mesin pabrik dan mesin tik dalam kantor.
  • Modal lancar
Modal lancar adalah modal yang habis digunakan dalam satu kali proses produksi. Misalnya bahan baku pabrik dan kertas tik dalam kantor.

Modal Menurut Subjeknya

Pembedaan modal didasarkan pada kepemilikan dan kegiatan benda/benda modal.

Berdasarkan tolok ukur mi modal dapat dibedakan sebagai berikut.
  • Modal perorangan
Modal perorangan (individu) adalah modal yang digunakan secara personal dalam proses produksi dan menjadi sumber penghasilan bagi pemiliknya. Misalnya, bunga dalam tabungan di bank dan sewa rumah.
  • Modal masyarakat
Modal masyarakat adalah modal yang digunakan dalam proses produksi, berasal dan masyarakat dan berhubungan dengan konsumsi atau kepentingan masyarakat. Misalnya Telkom, PPD, PAM, dan TVRI.

Modal Menurut Bentuk

Pembedaan modal didasarkan pada bentuk nyata dan alat-alat modal.

Berdasarkan tolok ukur mi, modal dapat dibedakan sebagai berikut.
  • Modal konkret
Modal konkret (nyata) adalah modal yang dapat dilihat secara nyata dalam proses produksi. Misalnya mesin-mesin dan gedung pabrik.
  • Modal abstrak
Modal abstrak (tidak nyata) adalah modal yang tidak dapat dilihat tetapi mempunyai nilai dalam perusahaan. Misalnya nama baik perusahaan dan merek produk.

Modal Menurut Sumber

Pembedaan modal didasarkan pada sumber atau asal modal, entah berasal dan dalam atau luar perusahaan. Berdasarkan tolok ukur mi, modal dapat dibedakan sebagai berikut.
  • Modal sendiri
Modal sendiri merupakan modal yang berasal dan perusahaan itu sendiri, misalnya modal setoran pemilik. Jika perusahaan bangkrur, otomatis modal ini akan habis.
  • Modal asing
Modal asing adalah modal yang berasal dan luar perusahaan (berupa pinjaman) untuk meningkatkan produksi, misalnya pinjaman dan bank.
Sumber Pustaka: Erlangga