Loading...

Teknoogi Pada Zaman Logam (Perunggu)

Loading...

Teknoogi Pada Zaman Logam (Perunggu)


Benda-benda perunggu yang ditemukan dan zaman Logam dibuat dengan menggunakan 2 teknik, yaitu teknik bivalve dan teknik a cire perdue.

Teknik Bivalve (Setangkap)

Teknik mi menggunakan 2 cetakan yang dapat ditangkapkan (dirapatkan). Cetakan tersebut diberi lubang pada bagian atasnya. Dan lubang itu dituangkan logam cair. Bila perunggu sudah dingin cetakan dibuka. Bila membuat benda berongga, maka digunakan tanah hat sebagai intinya yang akan membentuk rongga setelah tanah hat itu dibuang. Cetakan mi dapat dipergunakan berkali-kali.



Teknik A Cire Perdue (Cetakan Lilin)

Pembuatan perunggu dengan teknik mi diawali dengan membuat bentuk benda logam dan lilin yang berisi tanah hat sebagai intinya. Berituk him mi dihias dengan berbagai pola hias. Bentuk lilin yang sudah lengkap dibungkus lagi dengan tanah hat yang lunak.

Pada bagian atas dan bĂ wah diberi lubang. Dan lubang atas dituangkan perunggu cair dan dan lubang bawah mengalirlah lilin yang meleleh. Bila perunggu yang dituangkan sudah dingin, cetakan tersebut dipecah untuk mengambil bendanya yang sudah jadi. Cetakan seperti tnt hanya dapat dipergunakan sekali saja.

Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...