Tugas Dan Tanggung Jawab Mewujudkan Cita-Cita Negara Indonesia

Tugas Dan Tanggung Jawab Mewujudkan Cita-Cita Negara Indonesia


Manusia hidup niscaya mempunyai tujuan. Sama halnya dengan manusia, setiap bangsa juga pasti mengenal tujuan hidup. Tujuan hidup sebuah bangsa dikenal sebagai tujuan jangka panjang dan tujuan angka pendek. Tujuan jangka pandang dilalui lewat pola-pola perencanaan pembangunan yang matang, sedangkan tujuan jangka pendek akan memberikan rangsangan kepada bangsa tersebut untuk memenuhinya.

Begitu pula halnya dengan manusia Indonesia. Tujuan masyarakat Indonesia, yaitu mencapai kebaikan dan kebahagiaan. Adapun kebahagiaan yang ingin dicapai manusia Indonesia, yaitu kebahagiaan lahir dan batin, dunia dan akhirat. Untuk mengantarkan bangsa Indonesia mewujudkan cita-cita negara, seharusnya kita mampu bersikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negaranya. Sikap yang seharusnya dilakukan sebagai tanggung jawab kita warga bangsa itu bisa dilakukan di berbagai lingkungan.



Lingkungan masyarakat

Partisipasi dalam masyarakat untuk membangun puskesmas patut dihargai setinggi-tingginya. Kesadaran akan pentingnya pertolongan dan pelayanan kesehatan sesama manusia memang perlu mendapat perhatian. Apabila terdapat inisiatif masyarakat yang demikian berarti masyarakat tersebut sudah rela sebagian dan pendapatannya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Lingkungan keluarga

Para orang tua perlu sadar bahwa tunas—tunas muda di daerah memerlukan uluran tangan dan pendidik. Kerelaan orang tua terhadap putra-putrinya untuk menjadi guru di daerah terpencil merupakan sebuah wujud penghargaan terhadap perjuangan bangsa. Mengapa? Karena setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.

Lingkungan sekolah

Kesediaan siswa untuk menyumbangkan buku-buku yang telah dibacanya bagi khasanah perpustakaan sekolah merupakan sikap terpuji. Secara langsung siswa tersebut telah menanam saham di sekolah dalam memperluas pengetahuan siswa-siswa lain di sekolah.
Sumber Pustaka: Yudhistira