Arti Penting Lingkungan Bagi Kehidupan Dalam Geografi

Arti Penting Lingkungan Bagi Kehidupan

Berikut ini adalah arti penting untuk lingkungan kehidupan manusia

Lingkungan Sebagai Wahana bagi Kelanjutan Kehidupan

Lingkungan hidup merupakan tempat berinteraksinya makhluk hidup yang membentuk suatu system jaringan kehidupan. Di dalamnya terdapat berbagai sikius yang menunjang kehidupan seperti sikius energi, sikius air, dan sikius udara. Sikius-sikius mi merupakan sistem yang mengatur proses kelanjutan kehidupan. Selain itu terdapat pula transfer makanan dan sumbernya melalui sederetan makhluk hidup yang makan dan yang dimakan. Peristiwa tersebut akan membentuk sebuah rantai makanan. 

Gabungan rantai makanan akan membentuk jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan akan membentuk piramida makanan. Dalam sebuah piramida makanan tumbuhan berperan sebagai produsen dan berada pada tingkat yang paling rendah. Pada tingkatan berikutnya ditempati oleh makhluk hidup pemakan tumbuhan (herbivora). Tingkatan terakhir ditempati oleh makhluk hidup pemangsa hewan lainnya (karnivora).



Lingkungan Sebagai Tempat Tinggal (Habitat)

Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup mulai dan tingkat rendah sampai ke tingkat yang tinggi. Masing-masing spesies membentuk kelompok, contohnya manusia beserta sesamanya membentuk satu kelompok pada suatu daerah menjadi suatu masyarakat tertentu. Lingkungan aman dan nyaman merupakan tempat tinggal yang diperlukan oleh makhluk hidup. Dengan demikian mereka dapat berinteraksi dan berkembang biak untuk meneruskan keturunannya. Terdapat tingkatan kelompok makhluk hidup pada suatu wilayah, yaitu berikut ini.
  1. Individu, yaitu organisme tunggal. Contohnya seorang manusia, seekor burung, dan sebatang pohon jeruk.
  2. Populasi, yaitu kelompok makhluk hidup sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu daerah. Contohnya adalah populasi manusia, populasi burung, dan populasi gajah.
  3. Komunitas, yaitu kumpulan populasi dan berbagai jenis yang menempati daerah atau kawasan tertentu yang saling mempengaruhi dan saling berinteraksi. Contohnya, populasi manusia, populasi kerbau, danpopulasi burung yang hidup dan berkembang biak pada satu daerah sehingga membentuk komunitas.
Ekosistem, yaitu tatanan kesatuan secara menyeluruh antara seluruh unsur lingkungan, tidak hanya komponen komunitas saja tetapi juga komponen nonhayati. Antara komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain dan saling mempengaruhi membentuk suatu sistem dengan nama ekosistem. Contohnya ekosistem laut, ekosistem sungai, dan ekosistem persawahan.

Lingkungan Sebagai Tempat Mencari Makan (Niche)

Selain untuk tempat tinggal, lingkungan juga merupakan tempat untuk mencari makan bagi makhluk hidup. Makhluk hidup saling berinteraksi membentuk piramida makanan. Jika salah satu rantai dalam piramida makanan terputus, maka akan terjadi kelaparan dan kematian hewan yang lainnya. Contohnya, jika rumput mati maka kambing, kerbau, dan sapi akan mati, selanjutnya harimau akan mati. Peristiwa ini lebih lanjut akan mempengaruhi spesies yang lainnya sehingga teijadi kemusnahan berbagai jenis spesies.
Sumber Pustaka: Yudhistira