Arti Penting Sejarah Bagi Suatu Bangsa

Arti Penting Sejarah


Setiap bangsa di muka bumi ini memiliki sejarahnya sendiri. Namun, hanya sebagian kecil saja dan seluruh bangsa di muka bumi mi yang mengerti dan memahami sejarahnya. Oleh karena itu, kesadaran sejarah pada suatu masyarakat hendaknya mendapat perhatian, sehingga masing-masing individu dalam suatu masyarakat sadar dan memahami perjalanan sejarabnya sendiri.

Kesadaran sejarah merupakan suatu dimerisi historis. Dimensi itu memuat konsepsi waktu yang sesungguhnya hanya dimiliki oleh manusia yang berbudaya. Alasannya, hanya manusia yang berbudayalah yang dapat mengenal waktu, baik waktu yang obyektif maupun subyektif. Waktu yang obyektif adalah waktu yang dapat disadari bersama dan diakui oleh orang lain. Sedangkan waktu subyektif adalah waktu yang bersifat internal dan dipengaruhi oleh emosi. Di samping itu, waktu merupakan penghubung teiadinya suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya yang tidak hanya dialami oleh seseorang tetapi juga dialami oleh orang lain secara obyektif dan artinya terdapat di dalam kerangka kesadaran waktu.



Kesadaran sejarah dapat dialami secara perseorangan yang tercermin dalam memori. Namun, yang lebih penting adalah kesadaran sejarah bersifat kolektif (kelompok), yaitu suatu bentuk pengalaman bersama suatu masyarakat sebagai ungkapan reaksi mereka kepada situasi, baik suatu kebudayaan, politik maupun ekonomi pada wasa satu ke masa lain.

Hal ini merupakan salah satu kesadaran yang secara kumulatif ada di dalam ingatan masyarakat secara kolektif. Kesadaran sejarah seperti itu terdapat dalam tiap masyarakat tradisional maupun masyarakat modern. Misalnya pertumbuhan bangsa Indonesia merupakan produk dan pengalaman masyarakat Indonesia di masa lampau yang kemudian menciptakan situasi kebersamaan dalam meraih tujuan bangsa, yaitu Indonesia merdeka.
Sumer Pustaka:  Erlangga