Loading...

Berpartisipasi Dalam Berbagai Aktivitas Dalam Kemampuan Menunjukan Potensi Diri

Loading...

Berpartisipasi Dalam Berbagai Aktivitas Dalam Kemampuan Menunjukan Potensi Diri


Dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan kata-kata bahwa negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya bahwa setiap warga negara dituntut untuk mengembangkan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan bersikap adil, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan memperoleh perlakuan yang sama di mata hukum.

Kewajiban sebagai warga negara dalam berpartisipasi dalam berbagai aktivitas harus berdasarkan Pancasila yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan, kegotongroyongan serta menunjukkan sikap akrab, rukun, toleransi, rela berkorban, kerja sama dalam berbagai bidang, atau loyalitas yang tinggi terhadap kepentingan bersama. Cinta tanah air dapat diwujudkan dalam kehidupan di sekolah, masyarakat, dan lingkungan. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga ketertiban serta menjaga nama baik bangsa Indonesia.



Pembangunan yang kita laksanakan sebagai usaha bersama harus merata di semua lapisan masyarakat serta dapat meningkatkan dan memperbaiki taraf hidup, kesadaran untuk mengisi pembangunan yang sedang dilaksanakan. Dalam melaksanakan pembangunan setiap warga negara dituntut untuk berpartisipasi dan ikut ambil bagian.

Partisipasi yang sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing. Sebagai seorang siswa tugas utama dan kewajiban mereka adalah belajar dengan tekun, menjaga nama baik sekolah, menegakan disiplin baik di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.

Seorang guru mengajar dengan baik, seorang polisi bertugas dengan baik dan mengayomi masyarakat, seorang jaksa bersikap adil terhadap terdakwa begitu seorang hakim hams berlaku adil tidak memihak kepada suatu golongan atau seseorang. Begitu juga profesi lainnya, bila masing-masing aparat dan penyelenggara Negara melaksanakan tugasnya dengan baik dan sempuma serta penuh tanggung jawab, maka partisipasi tiap warga negara akan menunjang terhadap keberhasilan pembangunan bangsa dan negara.

Berpartisipasi dalam herbagai aktivitas tidak saja menjaga keamanan dan membersihkan sampah tetapi banyak jenis kegiatan yang dilaksanakan, seperti terhadap lirigkungan seperti apa yang sudah pernah diselenggarakan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup yaitu setiap warga negara dapat menjadi perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, dan penyelamat lingkungan. Orang yang terlibat dalam kegiatan ini mempunyai jiwa pengabdian yang tinggi dan patriot bangsa yang punya kerja nyata dan darma baktinya untuk kebaikan dan keuntungan masyarakat luas. Semua kegiatan ini mempunyai kontribusi kepada keberhasilan pembangunan yang sedang dilaksanakan.
Sumber Pustaka: yudhistira
Loading...