Cara Memilih Jenis Barang Yang Akan Dijual Koperasi Sekolah

Cara Memilih Jenis Barang Yang Akan Dijual Koperasi Sekolah


Setelah koperasi sekolah didirikan, hal yang sering dijumpai oleh pengurus koperasi adalah sulitnya menentukan barang apa saja yang akan dijual oleh kopeasi. Untuk mengatasi ini, ada beberapa tahapan yang dapat digunakan, yaitu



  1. Mendengar atau menanyakan langsung, artinya dalam pergaulan siswa sehari-hari pengurus dapat mendengar barang apa saja yang sangat diminati oleh siswa, kemudian dicatat dan diolah.
  2. Barang yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, artinya pengurus memfasilitasi kebutuhan sarana atau perkembangan belajar mengajar siswa.
  3. Pengurus hendaknya mengadakan kerja sama dengan guru-guru mata pelajaran, untuk menginventarisasi kebutuhan-kebutuhan apa saja yang sesuai dengan ciri khusus mata pelajaran dan dibutuhkan anggota koperasi/siswa. Misalnya untuk mata pelajaran Kimia, Biologi, Fisika yang mengadakan praktikum, koperasi sekolah dapa menyediakan alat-alat kebutuhan praktikum.
  4. Survei pasar, yaitu mencari barang-barang baru yang sedang tren dan diminati siswa.
  5. Dalam mernilih jenis barang harus diperhatikan faktor kesehatan, keamanan, kualitas, kemasan, jumlah, keadaan tempat/toko, dan penyimpanan. 
 Barang-barang yang dijual oleh koperasi sebaiknya adalah hasil analisis pasar yang selanjutnya dikonfirmasikan dengan guru-guru mata pelajaran. Barang-barang tersebut antara lain ajar tulis, buku pelajaran atau buku paket, alat-alat olah raga, alat ajar praktikum, pakaian seragam sekolah pakaian olahraga pakaian pramuka, pakaian PMR lencana, stiker, makanan, dan minuman.

Hrga barang-barang tersebut hendaknya tidak terlalu mahal, artinya untuk menunjang kesejahteraan siswa, koperasi harus dapat menjual dengan harga maksimal sama dengan harga pasar. Oleh karena itu, agar koperasi dapat menjual maksimal sama dengan harga pasar, koperasi berbelanja di grosir, agen atau tempat-tempat pembuatan (pabrik) langsung tanpa perantara.
Sumber Pustaka: Yudhistira