Ciri Umum Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Ciri Umum Kingdom Plantae (Tumbuhan)


Kingdom Plantae merupakan kingdom yang anggota kelompoknva terdiri atas organisme yang telah mempunyai membran inti (eukaniot) dan terdiri atas banyak sel (multiseluler). Tumbuhan sebagai organism autotrofmampu memenuhi semua kebutuhan hidupnya melalui proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis tersebut, karbon dioksida (CO.) dan atmosfer dan air (H70) diubah menjadi molekul organik yaitu karbohidrat dan oksigen (O).

Dalam suatu ekosistern. Tumbuhan berfungsi sebagai komponen dasa dan semua habitat yang ada di muka bumi, dengan membuat molekul organik yang akan mengalami sikius melalui suatu jaring-jaring makanan. Kernampuan tumbuhan untuk berfotosintesis, memungkinkan semua anggota kingdom animalia di permukaan burni dapat bertahan hidup.



Salah satu ciri penting yang terdapat pada sel tumbuhan ialah dinding sel yang sangat berbeda dengan dinding sel organisme bersel satu. Pada tumbuhan, dinding sel terbuat dan selulosa. Dinding sel membuat struktur sd tumbuhan menjadi kuat. Ciri lain yang terdapat pada sel tumbuhan yaitu terdapatnya vakuola yang besar dan berfungsi sebagai penyimpan cadangan air dan bahan kimia Iainnya, sebagai tempat pembuangan hasil metabolisme sel, dan tempat penyimpanan racun atau pigmen bunga. Sel tumbuhan merupakan satu-satunya sd organisme yang mengandung kioroplas. Organ inilah yang berfungsi menyelenggarakan proses fotosintesis.

Tumbuhan diperkirakan sebagai hasil evolusi dan ganggang hijau multiseluler yang merupakan organisme multiseluler pertama yang menghuni daratan. Untuk dapat hidup di daratan, tumbuhan hams mengembangkan beberapa organ baru yang tidak terdapat pada ganggang dan protista. Pertama, tumbuhan perlu mempunyai suatu bentuk penahan di tanah dan batang yang kaku sebagai pendukung.

Oleh karena itu, tumbuhan telah mengembangkan struktur akar yang selain berfungsi menahan tumbuhan dalam tanah, juga memungkinkan tumbuhan mengambil zat-zat makanan dan dalam tanah. Untuk mencegah hilangnya air di lingkungan yang gersang, tumbuhan mempunyai kutikula yang mengandung zat lilin.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact